Kemana Kita Beli 'Motor', dan Dimana Kita Beli 'Mobil(e)' ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 05 Januari 2023

    Kemana Kita Beli 'Motor', dan Dimana Kita Beli 'Mobil(e)' ?

    Life Style,
    Lain lubuk lain ikannya, lain padang lain belalang.

    Itulah ungkapan jaman dulu yang menggambarkan perbedaan di satu tempat dengan tempat lainnya.

    Bagi masyarakat Kalsel khususnya Suku Banjar, jika menyebut kata 'Motor' atau 'Mutur', maka yang dimaksud adalah 'Mobil' dalam Bahasa Indonesia.

    Di sejumlah daerah di Indonesia; ada yang menyebut Mobil dengan 'Oto', misalkan sejumlah suku di Pulau Sulawesi. Kata 'Oto' sendiri kalau di Kalsel; adalah pakaian dalaman untuk bayi.

    Di daerah lain di Indonesia terutama di Pulau Jawa, kata 'Motor' digunakan untuk menyebut Sepeda Motor, yang kalau masyarakat Kalsel (Suku Banjar, Red) tetap menyebutnya Sepeda Motor, atau bisa juga 'Kendaraan'.

    Disini ada 2 kata yang pengertiannya berbeda yakni 'Motor' dan 'Mobil'. Mari kita cek faktanya.

    Untuk kata 'Motor' fakta kebanyakan yang kita temui dan lihat adalah; memang mengacu kepada yang namanya 'Mobil'. 
    Misalkan saja seseorang yang akan membeli mobil, maka ia pasti akan pergi mendatangi toko atau dealer yang ada tulisannya 'Motor', sebut saja Toyota Motor, Daihatsu Motor, Mitsubishi Motor, Honda Motor, KIA Motor, Ford Motor, Wuling Motor dan lainnya, bukan ke tempat yang ada tulisan 'Mobil(e)'.

    Akan berbeda jika seseorang akan membeli ponsel maupun gadget, maka ia akan mendatangi toko atau counter yang bertuliskan; misalkan Samsung Mobile, iPhone Mobile, Nokia Mobile, OppO Mobile, Vivo Mobile dan lainnya.

    Nah, itulah faktanya kalau ternyata penyebutan 'Mobil' atau 'Mobile' untuk kendaraan bermotor Roda 4 maupun lebih itu; kurang tepat, karena ternyata faktanya 'Mobil' atau 'Mobile' itu adalah ponsel maupun gadget.

    Bagaimana pendapat para pembaca sekalian, di daerah kalian apa sebutan untuk Mobil dan Motor ? Silakan tulisan pendapat kalian di kolom di bawah tulisan ini. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...