Dari Perkemahan Siaga Bencana; BAGUNA Kalsel Harus Selalu Siaga - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 15 Januari 2023

    Dari Perkemahan Siaga Bencana; BAGUNA Kalsel Harus Selalu Siaga

    Banjar,
    Perkemahan siaga bencana yang dilaksanakan di Kiram Park Kabupaten Banjar, selain diikuti oleh para Anggota Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) se Kalsel, juga dihadiri oleh sejumlah instansi terkait diantara dari pihak BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika).

    BMKG menyampaikan Pandangan Iklim dalam Climate Outlook 2023; sepanjang tahun 2023 akan terjadi sejumlah gangguan iklim seperti curah hujan yang akan mengakibatkan bencana hidrometereologi basah diantaranya seperti banjir, banjir bandang, maupun tanah longsor, sedangkan hidrometereologi kering seperti kekeringan dan kebakaran hutan.

    Kesiapsiagaan dalam mengidentifikasi wilayah-wilayah yang berpotensi sangat dibutuhkan oleh seluruh pihak, termasuk oleh Badan Penanggulangan Bencana PDIP sehingga dampak korban jiwa dapat dihindari. Untuk itu melalui kegiatan kemah siaga bencana yang dilaksanakan menjadi upaya penting guna meningkatkan kewaspadaan bencana di daerah. 

    BAGUNA sebagai perpanjangan tangan Partai dalam misi kemanusiaan harus siap siaga kapan saja dibutuhkan. Maka dengan demikian BAGUNA harus terus mengasah diri, mengupgrade pengetahuan, dan melatih keterampilan agar sejalan dengan peningkatan kualitas aksi-aksi pertolongan bagi masyarakat ketika terjadinya bencana.

    Tantangan pengurangan risiko bencana ke depan akan semakin kompleks, sehingga diperlukan langkah-langkah antisipatif yang semakin terintegrasi bersama seluruh pihak. Melalui kemah siaga bencana ini BAGUNA diharapkan bisa menghasilkan gerakan strategis maupun rekomendasi yang bermanfaat untuk pengurangan risiko bencana ke depan. 

    Dengan moto Cepat Tanggap, Gerak Cepat, dan Tepat Sasaran BAGUNA harus tanggap darurat dan bereaksi cepat serta mengedepankan sinergitas aksi penanggulangan dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat.

    Tugas-tugas ke depan bukan saja hanya terpaku saat tanggap darurat, tetapi BAGUNA selalu terpanggil dan tumbuh seiring ketangguhan dalam menggerakkan program-program kerakyatan melalui berbagai aksi kemanusiaan. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...