Bupati Tanah Bumbu Imbau Masyarakat Gunakan Digital ID - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 21 Januari 2023

    Bupati Tanah Bumbu Imbau Masyarakat Gunakan Digital ID

    Tanah Bumbu,
    “Jadi tidak ada lagi KTP-El atau Kartu Keluarga (KK) hilang, karena sudah didigitalisasi ke dalam android. Selain itu, kelebihan Digital ID yaitu penggunaan lebih simpel, tidak perlu dicetak menggunakan blangko, dan KTP atau identitas kependudukan lainnya cukup disimpan di dalam handphone (HP) android,” jelas Gento Hariyadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu, usai aktivasi ID Digital bersama Bupati Tanah Bumbu, dr. H.M Zairullah Azhar.

    Menurut Gento, manfaat digital ID ini diantaranya apabila ketersediaan blangko KTP-El di daerah tidak tercukupi maka penduduk yang sudah melakukan perekaman cukup dengan didigitalisasikan, tidak perlu memiliki fisik KTP-Elektronik.

    Ditambahkan Gento, dalam hal Digital ID ini pihaknya tidak menargetkan seluruh masyarakat mendigitalisasikan identitas mereka melalui aplikasi tersebut, karena tidak semua masyarakat memiliki HP Android.

    “Secara bertahap kami akan melakukan dengan sasaran kalangan menegah ke atas,” ujarnya.

    Bagi masyarakat yang ingin melakukan digitalisasi bisa datang ke Disdukcapil Kabupaten Tanah Bumbu. Tetapi jika kebutuhan urgensi masyarakat sangat tinggi, maka dimungkinkan Disdukcapil harus hadir, bisa koordinasi dengan kelurahan dan desa untuk hadir kesana.

    Sementara itu Bupati Tanah Bumbu sangat mendukung terhadap penerapan Digital ID di Tanah Bumbu karena memiliki banyak manfaat utamanya dalam hal transaksi layanan publik. Untuk itu Bupati mengimbau masyarakat untuk beralih dari KTP Elektronik menjadi KTP Digital atau Digital ID. ©Jurnalisia

    Sumber : Diskominfo

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...