BUMDes Pesona Rejo Raya Akan Wakili Kalsel di Festival Nasional - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 28 Januari 2023

    BUMDes Pesona Rejo Raya Akan Wakili Kalsel di Festival Nasional

    Kotabaru, 
    Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) Pesona Rejo Raya Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru, mewakili Kalsel di ajang pemilihan BUMDes inspiratif yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Bintan Kepulauan Riau.

    "BUMDes Pesona Rejo Jaya Desa Tegalrejo mengikuti festival di kategori BUMDes Inspiratif," ungkap Direktur BUMDes Pesona Rejo Jaya, Tri Widodo, di Obyek Wisata Goa Lowo Desa Tegalrejo, Jumat (27/01/23) lalu.

    Menurut Tri, BUMDes-nya mengikuti festival BUMDes yang akan memperlombakan 3 kategori yaitu BUMDes inspiratif, Duta BUMDes, dan Profiling BUMDes.

    BUMDes inspiratif merupakan kategori kegiatan untuk menginspirasi BUMDes/BUMDesma yang telah berhasil mendorong pengembangan ekonomi dan investasi di desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi.

    Pemilihan BUMDes inspiratif melalui mekanisme pemilihan yang dilakukan di 33 propinsi, yang mana setiap propinsi mewajibkan mengirim 1 BUMDes dan 1 BUMDesma inspiratif.

    "Kita akan mengikuti festival di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau pada tanggal 1 dan 2 Pebruari 2023," kata Tri Widodo. 

    Ditambahkan, ia akan membawa beberapa produk BUMDes yang menjadi unggulan untuk dipromosikan dan dipasarkan di ajang tersebut berupa produk ecoprint, sasirangan khas Goa Lowo, dan produk-produk lainnya.

    Sementara itu Sekdakab Kotabaru, Drs. Said Akhmad, MM mengungkapkan, Pemerintah Daerah mendorong BUMDes untuk melakukan inovasi potensi yang ada di desa masing-masing untuk bisa dimaksimalkan menjadi sumber pendapatan desa.

    "Memang BUMDes Pesona Rejo Jaya sudah beberapa kali mengikuti di berbagai event nasional," ungkap Said Akhmad.

    Menurutnya, pengelolaan yang dilakukan oleh BUMDes Desa Tegal Rejo yang memiliki wisata alam yang memadai sehingga mampu dimaksimalkan dalam bidang pariwisata yang sejalan dengan pengembangan wisata oleh Pemerintah Daerah. ©Jurnalisia

    Penulis : Agus Ariyanto 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...