Sejumlah Negara Merdeka Tapi Tak Diakui PBB - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 04 Desember 2022

    Sejumlah Negara Merdeka Tapi Tak Diakui PBB

    Internasional,
    Diantara ratusan negara di dunia ini terdapat negara yang merdeka penuh dan diakui oleh banyak negara lain serta menjadi anggota PBB, namun terdapat pula negara yang secara de facto merdeka tapi hanya diakui oleh beberapa negara dan bukan anggota PBB.

    Inilah sejumlah negara yang merdeka tapi cuma diakui oleh beberapa negara saja.
    • Transnitria, dulunya bagian Negara Moldova, berpenduduk sekitar 500 ribu jiwa, menyatakan merdeka pada 2 September 1990. Kemerdekaannya diakui oleh Abkhazia, Osettia Selatan dan Artsakh. Bahasa yang digunakan di Negara Transnitria ini adalah Bahasa Rusia, Moldova dan Bahasa Ukraina.
    • Taiwan, atau Republik Tiongkok, beribukota di Taipei. Kemerdekaannya pada tanggal 7 Desember 1949. Meski tak diakui PBB, namun sebanyak 23 negara anggota PBB.
    • Sahara Barat, atau Republik Demokratik Arab Sahrawi, yang merupakan bekas koloni Spanyol dan Maroko, sehingga disini menggunakan 2 bahasa yakni; Arab dan Spanyol. Merdeka pada tahun 1976, sebanyak 43 negara anggota PBB mengakui kemerdekaannya.
    • Palestina, mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1988, diakui oleh sebanyak 132 negara anggota PBB.
    • Republik Turki Siprus Utara, secara de facto merdeka pada 15 Nopember 1983. Negara ini cuma diakui oleh Turki, negara-negara lain masih menganggap negara ini sebagai bagian dari Siprus.
    • Kosovo, dulunya merupakan propinsi dari Serbia, menyatakan kemerdekaan pada 17 Pebruari 2008. Kosovo diakui oleh 108 negara anggota PBB.
    • Donetsk dan Luhasnk, menyatakan kemerdekaan pada 11 Mei 2014. Satu-satunya negara yang mengakui kemerdekaan negara itu adalah Rusia.
    Itulah sejumlah negara merdeka tapi tak diakui PBB, bahkan terdapat diantaranya yang tak ada namanya di peta dunia.

    Penulis : Imi Surya Putra
    ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...