Religi | Zoroaster, Agama Kuno Bangsa Persia Atau Negara Iran Kini - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 29 Desember 2022

    Religi | Zoroaster, Agama Kuno Bangsa Persia Atau Negara Iran Kini

    Religi,
    Bagi masyarakat Indonesia kebanyakan lebih mengenal agama yang diakui Pemerintah yakni; Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu, selain itu terdapat agama lokal yang meski tak diakui Pemerintah namun tidak dilarang seperti Kaharingan, Kejawen, Sunda Wiwitan, Malim, dan lainnya.

    Bicara soal agama, selain agama-agama yang penganutnya besar di dunia ini seperti Nasrani dan Islam, juga terdapat sejumlah agama yang mungkin asing di telinga banyak orang, misalkan Agama Zoroaster atau Zarathustra, agama yang sudah ada sekitar 2 ribu tahun sebelum Masehi.

    Agama Zoroaster merupakan agama kuno di wilayah Imperium Persia yang kini adalah Negara yang bernama Iran. Dibawa oleh seorang yang kemungkinan adalah seorang Nabi yang bernama Zoroaster.

    Agama ini mengaku sebagai agama yang menyembah kepada 1 Tuhan atau Monotheisme yang disebut Ahura Mazda, yang tak berawal dan tak berakhir. Ahura Mazda ini dianggap sebagai Tuhan Yang Maha Baik. 

    Tempat ibadah bagi penganut Agama Zoroaster, atau ada yang menyebutnya sebagai Agama Majusi; adalah Kuil. Kitab sucinya disebut Avesta yang terbagi menjadi 4 bagian; Yasna, Visparat, Videvdat dan Khode Avesta. Agama ini hingga kini masih ada penganutnya, selain di Iran mereka tersebar di sejumlah kota di Amerika Serikat seperti di New York, Chicago, Boston dan Los Angeles, juga terdapat di London Inggris.

    Tokoh dunia yang diyakini berasal dari keluarga penganut Zoroaster adalah Farrokh Bulsara yang lebih dikenal dengan nama Freddy Mercury, personel dari grup musik Queen yang legendaris dengan sejumlah hit diantaranya lagu Bohemian Rapshody. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...