Interaktif | Polisi Khusus Anti Rokok Batangan Akankah Ada ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 31 Desember 2022

    Interaktif | Polisi Khusus Anti Rokok Batangan Akankah Ada ?

    ilustrasi (isp68)
    Interaktif,
    Apakah nantinya akan ada semacam Polisi Khusus Rokok Batangan, yang memantau dan menindak para penjual rokok secara batangan atau rokok ketengan ?

    Itulah pertanyaan orang awam terkait akan diberlakukannya penjualan rokok secara batangan, bilahan, atau ketengan oleh Pemerintah pada 2023 mendatang ?

    Tujuan pelarangan oleh Pemerintah itu dimaksudkan untuk menekan jumlah perokok terutama di kalangan anak-anak maupun kaum muda yang jumlahnya makin meningkat setiap tahunnya.

    Tak sedikit yang berpikiran dan berpendapat; jika cuma pelarangan tanpa ada tindakan yang konkrit, maka aturan pelarangan yang dibuat adalah sama saja sebagai 'gertak sambal' saja.

    Bagaimana Pemerintah bisa mengetahui apakah kedai, kios dan sejenisnya (toko tentu tak mungkin jualan rokok secara batangan) kalau mereka jualan rokok selain bungkusan tapi juga batangan kepada para perokok yang tak bisa beli bungkusan ? 

    Tidak mudah memang untuk melakukan pengawasan terhadap penjualan rokok secara batangan kalau cuma mengandalkan misalkan laporan warga. Pemerintah pasti tak mungkin menempatkan aparat di tiap kedai, toko dan sejenisnya hanya untuk memastikan kalau tak ada penjualan rokok secara batangan.

    Apakah pelarangan penjualan rokok secara batangan akan efektif menghentikan mereka yang berkantong tipis untuk tidak lagi merokok ? Tentu tidak ? Kenapa ?

    Kemungkinan akan ada hal-hal lain untuk 'mengakali' untuk tetap bisa merokok, yakni; para perokok akan berpindah ke rokok yang lebih murah atau yang murah. Disamping itu tak menutup kemungkinan akan tumbuh pesat industri rokok murah bahkan sangat murah untuk memenuhi pasar konsumen warga kelas menengah ke bawah. Dan bukan hal yang tidak mungkin para produsen rokok atau 'pemain besar' akan membuat produk baru; rokok murah agar tetap bisa sirvive alias bertahan dari gempuran produk rokok murah oleh industri kecil.

    Dan, ada yang rentan; pemalsuan maupun manipulasi pita cukai rokok akan semakin berpeluang dan marak. 

    Nah, para pembaca sekalian bagiamana menurut Kalian terkait pelarangan jualan rokok secara batangan tersebut ? Silakan tulis jawaban di kolom di bawah tulisan ini. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...