DLH Tanah Bumbu Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Eco Enzyme - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 10 Desember 2022

    DLH Tanah Bumbu Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Eco Enzyme

    Tanah Bumbu,
    Dengan menggandeng Pusat Studi Eco Enzyme Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan pelatihan pengelolaan sampah lingkungan berbasis Eco Enzyme, beberapa waktu lalu.

    Pihak DLH Kabupaten tanah Bumbu juga mengundang perwakilan dari desa yang menjadi Kampung Iklim, Sekolah Adiwiyata dari jenjang SD, SMP dan SMA serta Kelompok Swadaya Masyarakat yang mengelola tempat pengumpulan sampah terpadu 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

    Tujuan pelatihan tersebut sebagai upaya pengurangan sampah yang hingga saat ini dianggap masih belum maksimal, karenanya perlu ditingkatkan peran berbagai pihak agar upaya itu bisa berhasil diantaranya dengan mendorong pengelolaan sampah secara terpadu 3R dari mulai sumber awalnya, sehingga umur Tempat Pemrosesan Akhir juga akan semakin panjang.

    “Pengelolaan sampah organik secara tuntas di tempat apabila digulirkan secara terpadu bisa menyelesaikan permasalahan sampah dari sumbernya, hingga pada akhirnya mampu mendukung tercapainya kondisi lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman,” jelas Halidi, Sekretaris DLH.

    Adapun Narasumber yang hadir adalah Dr. Dian Masita Dewi dari Pusat Studi ULM, dr. Sri Hartati dari Labkesda Banjar serta Zuri Rahmah Dewi dari Rumah Belajar Eco Enzyme Banjarmasin. 

    Penulis : Imi Surya Putra
    Sumber : Diskominfo/PH
    ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...