Forum Satu Data Satu Peta Indonesia di Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 30 November 2022

    Forum Satu Data Satu Peta Indonesia di Kotabaru

    Kotabaru, 
    Bupati Kotabaru diwakili Asisten II Bidang Pekonomian dan Pembangunan, Drs. Murdianto membuka secara resmi kegiatan Forum Satu Data Satu Peta, Rabu (30/11/22), bertempat di ballroom satu hotel di Kotabaru.

    Forum Satu Data Satu Peta ini diinisiasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan menyamakan persepsi guna mewujudkan satu data Indonesia tingkat daerah yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. 

    "Yang lebih penting dari sistem satu data ini adalah mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi Pusat maupun Daerah; agar terwujudnya sistem pemerintahan yang efesien, efektif, transparan dan akuntabel," kata Murdianto.

    Murdianto lebih jauh mengatakan diperlukannya komitmen, kolaborasi, koordinasi dan sinergi seluruh pihak terkait agar satu data di Kabupaten Kotabaru bisa berjalan dengan optimal sehingga memberikan manfaat bagi pembangunan daerah. 

    Sementara itu Kepala BAPPEDA Kabupaten Kotabaru, Ir. Rurien Srihardjanti mengatakan peran data sangat menentukan dalam pengambilan keputusan, kebutuhan Pemerintah sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan. 

    "Suatu hal yang mendasar data yang berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan yang tepat guna, tepat sasaran, adaptif dan berkelanjutan, sesuai dengan yang dikatakan Presiden Joko Widodo. Data ini adalah jenis kekayaan baru, saat ini data adalah new oil bahkan lebih berharga dari minyak data yang valid menjadi salah satu kunci pembangunan," kata Rurien pula.

    Penulis : Agus Ariyanto
    Sumber : Diskominfo
    ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...