Dinkes Tanah Bumbu Galang Komitmen Tangani Penyakit Tidak Menular - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 21 Oktober 2022

    Dinkes Tanah Bumbu Galang Komitmen Tangani Penyakit Tidak Menular

    Tanah Bumbu,
    Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin mengatakan Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyebab utama kematian secara global antara lain jantung, pembuluh darah, diabetes, kanker, penyakit pernapasan kronis, dan cedera serta tindak kekerasan.

    Hal itu ia sampaikan pada penggalangan komitmen pelaksanaan program Pos Binaan Terpadu (Posbindu) PTM, di Mahligai Bersujud Simpang Empat, Kamis (20/10/22).

    Penggalangan komitmen tersebut melibatkan lintas program dan lintas sektor Tahun 2022, yang dihadiri Perwakilan Kementerian Kesehatan, Dinkes Propinsi Kalsel dan seluruh Kepala Puskesmas se Kabupaten Tanah Bumbu.

    Kepala Dinkes Kabupaten Tanah Bumbu melalui Sekretaris, dr. Arman Jaya Riki mengatakan, kegiatan itu dalam rangka untuk meningkatkan peran serta fungsi masing-masing sesuai dengan kewenangan Posbindu dalam hal penanganan PTM di Tanah Bumbu.

    “Tujuan khususnya agar pelaksanaan Posbindu dapat dilakukan secara massal di Kabupaten Tanah Bumbu, sehingga penanganan penyakit lebih mudah,” kata Arman Jaya Riki.

    Pada kesempatan tersebut Arman jaya juga menyampaikan bahwa sesuai edaran dari Kementerian Kesehatan, untuk jenis obat sirup dilarang peredarannya karena dalam kandungan obat sirup terdapat kandungan yang dapat menyebabkan kegagalan pada ginjal anak anak.

    Di Indonesia sendiri PTM menyumbang 73% penyebab kematian pada tahun 2016. Peningkatan prevalensi PTM ini berdampak terhadap peningkatan beban pembiayaan kesehatan yang harus ditanggung Negara dan masyarakat.

    News Writer : ISP
    Imi Surya Putra
    ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...