'Paket Lengkap' di Pendulangan Gunung Kura Kura Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 12 Oktober 2022

    'Paket Lengkap' di Pendulangan Gunung Kura Kura Kotabaru

    foto : republika
    Kotabaru,
    Gunung Kura Kura. Ada Kura Kura 1 dan ada Kura Kura 2.

    Entah mengapa disebut Gunung Kura Kura, yang jelas nama ini sangat terkenal tidak saja di kawasan Kalsel tapi juga di luar Pulau Kalimantan. 

    Kawasan tersebut berada dalam wilayah Kabupaten Kotabaru, masuk Kecamatan Sungai Durian, tepatnya di Desa Buluh Kuning. 

    Tempat pendulangan.
    Inilah sebutan yang dikenal di kalangan para penambang emas ilegal atau pendulang emas. Tidak mudah mencapai kawasan Gunung Kura Kura itu, disamping medannya yang tinggi, tak ada akses jalan yang memadai, juga dikenal dengan sebutan 'Daerah Texas' yang berkonotasi seram.

    Sebutan sebagai Daerah Texas mungkin sebagai gambaran di lokasi penambangan di Benua Amerika beberapa abad lalu ketika Bangsa Eropa mengeksploitasi emas di benua itu. Sering terjadi tindak kekerasan dan sejenisnya.

    Tapi disana, di Gunung Kura Kura tak melulu didatangi para pengadu nasib untuk mendapatkan logam mulia itu. Ada pula yang datang untuk melayani kebutuhan para pendulang emas, misalkan saja para pedagang, pencari dan penjual air, tukang pijat dan lainnya.

    "Disana (Gunung Kura Kura, Red) jadi pencari dan penjual air saja bisa jadi duit. Saya kesana jadi tukang pijat, memijat mereka yang lelah usai berkerja seharian," cerita Bani, warga Sungai Tabuk yang pekerjaannya sebagai tukang pijat.

    Meski sudah eksis sejak puluhan tahun lalu Gunung Kura-Kura yang aksesnya bisa melewati Desa Banian ini, belakangan terungkap; disana juga terdapat praktik perjudian, pelacuran hingga peredaran Miras dan Narkotika.

    Kapolres Kotabaru, AKBP H.M Gafur Aditya Harisada Siregar, SIK beberapa hari lalu mengungkapkan di lokasi pendulangan tersebut diperkirakan adanya peredaran Narkotika jenis Sabu yang berkisar dari 3 hingga 5 kilogram per bulannya. 

    Bahkan daru hasil penertiban terhadap pendulangan emas itu pihak Polres Kotabaru tidak saja menemukan senjata tajam tapi juga senjata api.
    Maka di pendulangan emas tersebut tersedia 'Paket Lengkap' dari kegiatan menambang ilegal, sajam, senpi, perjudian, pelacuran hingga Narkotika. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...