Editorial | Hati-Hati Angkutan Berat di Jalan Umum - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 01 Oktober 2022

    Editorial | Hati-Hati Angkutan Berat di Jalan Umum

    Tak ada salahnya jika berhati-hati ketika sedang berada di jalan umum maupun di sekitarnya. Karena bisa saja nasib anda sedang sial, seperti 2 warga Kelayan B Banjarmasin yang ditimpa peti kemas ukuran 29 feet saat sedang mengisi BBM di kawasan Desa Sebamban Baru Kecamatan Sungai Loban Tanah Bumbu pada Jumat (30/09/22).

    Truk trailer yang membawa peti kemas (kontainer, Red) yang menimpa 2 orang hingga tewas di tempat itu; ternyata hanya memasang 1 kunci pengaman. Padahal biasanya kalau membawa peti kemas itu juga dipasangi rantai pengaman.

    Di wilayah Tanah Bumbu setiap hari bisa kita saksikan berlalulalang truk yang tidak saja membawa peti kemas, tapi juga peralatan berat, maupun yang bermuatan kelapa sawit yang tinggi muatannya melebihi tinggi bak truk pengangkut.

    Dan sangat sering pula kita saksikan truk-truk pengangkut apakah peti kemas, peralatan berat maupun kelapa sawit yang tak menggunakan pengaman. Apalagi kendaraan pengangkut ini memasuki dan melewati jalan protokol maupun pemukiman penduduk, tentu sangat berbahaya.

    Sementara itu terdapat sejumlah titik jalan umum yang rusak, yang membuat sulit kendaraan bermuatan berat melewatinya, dan tak menutup kemungkinan terbalik dan menimpa para pengguna jalan lainnya.

    Jadi tak ada salahnya lebih baik berhati-hati, sabar dalam berkendaraan, istilahnya; yang kecil lebih baik mengalah dari yang besar apalagi yang dibawa dan diangkut adalah beban yang beratnya puluhan hingga ratusan ton. (ISP)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...