Warga Desa Satui Barat Apresiasi Pemda Soal Penggantian Rumah Dengan Sejumlah Hal - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 10 September 2022

    Warga Desa Satui Barat Apresiasi Pemda Soal Penggantian Rumah Dengan Sejumlah Hal

    Tanah Bumbu,
    Para warga di kawasan Desa Satui Barat Kecamatan Satui Tanah Bumbu mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah berkaitan dengan upaya untuk melakukan penggantian terhadap rumah warga korban dampak aktivitas pertambangan.

    Namun para warga itu menyampaikan beberapa hal yakni; mereka mengapresiasi upaya pemerintah dalam melakukan langkah upaya yang terbaik bagi masyarakat yang terdampak aktivitas pertambangan batubara demi keselematan rakyat yang paling utama.

    Warga mengakui hingga saat ini upaya Pemerintah Daerah sudah ada melakukan pendataan warga yang terdampak aktivitas pertambangan batubara, namun untuk hal menanggung ketersediaan makan bagi masyarakat terdampak hingga saat ini belum ada.

    Berkaitan dengan upaya relokasi masyarakat yang terdampak aktivitas pertambangan batubara, masyarakat bersepakat akan bersedia direlokasi apabila sudah ada penggantian dari pihak yang berwenang.

    Kemudian berkaitan dengan penilaian untuk penggantian, masyarakat berharap untuk yang dinilai antara lain;  (1) posisi tanah dan luasan bidang tanah, (2) bangunan rumah, (3) bangunan usaha, dan (4) jumlah jiwa yang terdampak.

    Warga juga menekankan, dalam hal melakukan penggantian kepada warga yang terdampak aktivitas pertambangan batubara perlu di perhatikan; proses penggantian itu bukan hanya mengganti tanah dan bangunan, melainkan secara keseluruhan dalam arti memindahkan kehidupan baik tanah, rumah dan jaminan usaha masyarakat untuk menyambung kehidupan di tempat yang baru. (Rel/Red) 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...