PDAM Kotabaru Bangun 3 Reservoir Steel Glass (RSG); Satu-satunya di Kalsel - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 14 September 2022

    PDAM Kotabaru Bangun 3 Reservoir Steel Glass (RSG); Satu-satunya di Kalsel

    foto : youtube
    Kotabaru,
    Plt Direktur PDAM Kotabaru, Tri Basuki menuturkan, Reservoir Glass Steel (RSG) yang dibangun oleh PDAM Kotabaru merupakan satu-satunya di Kalsel, hanya ada di Kotabaru, dan hanya tahun ini dibangun.

    Ditambahkan Tri Basuki, PDAM Kotabaru punya 3 RSG dengan total kapasitas 3.500 meter kubik, terletak di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Gunung Ulin 1 unit dengan kapasitas 1.500 meter kubik, dan di IPA Gunung Relay 2 unit dengan masing-masing kapasitas 1.000 meter kubik.

    Hal itu dituturkan Tri Basuki pada kesempatan Bupati Kotabaru, Said Jafar meninjau IPA Gunung Relay.

    Pembangunan 3 RSG itu ujar Tri Basuki pula, bersumber dari dana APBN dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi, dan telah mulai beroperasi bertepatan pada momen 17 Agustus 2022 lalu. Menurutnya pembangunan RSG itu merupakan satu diantara upaya PDAM Kotabaru untuk mengurangi dampak krisis air bersih pada musim kemarau.

    "Anggap saja rasio pemakaian pelanggan 500 liter, maka dengan kapasitas 3.500 meter kubik, maka 7 ribu pelanggan sudah bisa terlayani,” jelas Tri.

    Menanggapi harapan Bupati Kotabaru agar memperbanyak jumlah RSG itu, Tri mengatakan pihaknya nantinya akan melakukan beberapa usulan, dan berharap instansi terkait bisa mengakomodirnya.

    “Pembangunan Reservoir Glass Steel ini memerlukan biaya besar, 1 RSG berkapasitas 1.000 meter kubik biayanya Rp 4 hingga Rp 5 milyar, yang bahan terbuat dari bahan pesawat terbang, mungkin satu-satunya di Kalsel terutama PDAM Kotabaru," tutupnya. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...