Inflasi Tertinggi Kalsel di Kotabaru dan Pasar Murah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 10 September 2022

    Inflasi Tertinggi Kalsel di Kotabaru dan Pasar Murah

    Kotabaru,
    Sejumlah media merilis tingkat inflasi Kotabaru tertinggi di Kalsel. Dikutip dari Antara, pada Juni 2022 Kotabaru berada di urutan ke 2 dari 12 daerah di Kalimantan yang tingkat inflasi-nya tertinggi setelah Tanjung Selor.

    Kabupaten Kotabaru Juni mengalami inflasi sebesar 1,32% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 116,38, inflasi tertinggi kedua diantara 12 kota di Kalimantan setelah Tanjung Selor dengan inflasi sebesar 1,78% dengan IHK sebesar 111,32.

    Sekdakab Kotabaru, Drs. Said Akhmad, MM mengatakan penyebab inflasi di Kotabaru dikarenakan sejumlah komoditas kebutuhan masyarakat yang didatangkan dari luar daerah. Diantara langkah Pemkab Kotabaru untuk menekan inflasi adalah mengadakan pasar murah dan pengawasan harga pasar.

    "Operasi pasar untuk mengendalikan tingginya inflasi di Kotabaru itu ibarat orangtua yang mengatasi anak kecil yang menangis dengan memberinya permen. Setelah permennya habis, si anak kembali menangis lagi," sentil seorang warga yang juga pengamat sosial di Kotabaru.

    Menurutnya pula, sebenarnya diharapkan ada jawaban dari Bupati karena ini menyangkut kebijakan makro. Selain itu juga ingin mendengar apa komentar DPRD Kabupaten Kotabaru atas penetapan Kotabaru sebagai kabupaten dengan angka inflasi tertinggi di Kalimantan Selatan.

    "DPRD Kabupaten Kotabaru mestinya melakukan evaluasi terhadap kinerja Dinas Ketahanan Pangan dan TPID," tambah warga itu pula. (ISP)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...