Terlupakan, Goa Tempat Hasan Basri Mengatur Strategi Melawan Penjajah Belanda - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Terlupakan, Goa Tempat Hasan Basri Mengatur Strategi Melawan Penjajah Belanda

    Kotabaru,
    Tak terawat. 
    Itulah sekilas bila kita melihat kondisi Goa Hasan Basri di Desa Bungkukan Kecamatan Kelumpang Barat Kabupaten Kotabaru.

    Goa Hasan Basri adalah saksi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Kotabaru.

    Goa yang menjadi tempat persembunyian dan tempat mengatur strategi perjuangan bagi pejuang Kalimantan khususnya pejuang dari Kotabaru.

    Tanggal 13 Nopember 1948 adalah momentum perlawanan para pejuang melawan tentara penjajah Belanda/NICA yang dipimpin oleh Hasan Basri yang kala itu berpangkat Letkol dan beberapa pejuang dari Desa Bungkukan.

    Perjuangan heroik oleh pejuang namun kini peninggalan sejarah Goa tempat para pejuang berkumpul hampir tak terawat. Hanya suasana hening yang terasa menusuk ketika kita terbayang para pejuang dengan keadaan serba seadanya mampu bertahan berjuang demi negeri.

    Menurut seorang Tokoh Warga setempat, Pemkab Kotabaru dan Pemprop kalsel harus segera turun tangan agar bukti sejarah tidak hilang oleh karena tidak ada perhatian serius.

    "Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawannya," ucap Tokoh Warga yang kini menjadi seorang Pejabat Publik di Tanah Bumbu. (DBG)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...