RSUD Kapuas Terima Bantuan Alat Laparoskopi - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 11 Agustus 2022

    RSUD Kapuas Terima Bantuan Alat Laparoskopi

    foto : humaskapuas
    Kapuas, 
    RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menerima bantuan alat Laparoskopi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kabupaten Kapuas, Rabu (10/08/22).

    Bantuan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Alat ini diterima langsung oleh Kepala Seksi Penunjang Medik RSUD dr. H. Soermarno Sosraoatmodjo Kuala Kapuas, Setyawati, SKM beserta staf dan Dokter Spesialis Bedah dr. Rintho A. Tangkudung, Sp.B serta Dokter Spesialis Obstertri dan Ginekologi, dr. Daniel Liando, Sp.OG. 

    Laparoskopi adalah jenis prosedur bedah yang memungkinkan dokter ahli bedah untuk mengakses bagian dalam perut dan panggul tanpa harus membuat sayatan yang besar di kulit. 

    “Laparoskopi banyak digunakan untuk mendiagnosis berbagai kondisi dan mengetahui gejala-gejala tertentu. Beberapa jenis masalah kesehatan yang bisa dideteksi seperti infeksi bakteri pada saluran genital wanita bagian atas, kista ovarium, kehamilan ektopik, endometriosis, radang usus buntu, fibroid, hingga infertilitas pada wanita,” ungkap dr. Daniel Liando. 

    Menurut dr. Daniel pula, cara ini banyak dipilih karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah waktu pemulihan yang menjadi lebih cepat, mengurangi rasa sakit dan pendarahan setelah operasi, dan mencegah timbulnya jaringan parut. 

    “Sehingga mempermudah Dokter untuk melakukan tindakan serta membuat pasien menjadi cepat sembuh seperti sediakala," pungkas dr. Daniel. (Hum/Red) 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...