Putra Bungkukan Ini Minta Pemprop Kalsel Perhatikan Goa Hasan Basri - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 01 Agustus 2022

    Putra Bungkukan Ini Minta Pemprop Kalsel Perhatikan Goa Hasan Basri

    Tanah Bumbu,
    Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, H. Supiansyah, ZA, SE, MH, mengimbau dan meminta kepada terutama Pemprop Kalsel agar memperhatikan peninggalan sejarah perjuangan yang terdapat di Desa Bungkukan Kecamatan Kelumpang Barat Kotabaru.

    Adalah satu goa; yang berada di kawasan Desa Bungkukan yang pernah dijadikan sebagai kubu pertahanan Angkatan Laut RI Divisi IV Kalimantan dibawah Komandan Letnan Kolonel Hasan Basri. 

    "Pemprop semestinya memperhatikan goa tersebut, karena nilai sejarahnya yang erat kaitannya dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia dan Kalimantan," ungkap H. Upi, begitu biasa ia disapa, Senin (01/08/22), di ruang kerjanya di gedung DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

    Menurut H. Upi, yang merupakan putra asli Bungkukan ini; Bungkukan itu tempat bersejarah, dimana pasukan Letnan Kolonel Hasan Basri dan H. Damanhuri dibantu warga setempat bertempur melawan pasukan Belanda yang bersenjata lengkap.

    "Selain di wilayah Hulu Sungai yang terdapat pertempuran melawan pasukan Belanda, cuma di Bungkukan saja setelah itu," tambah H. Upi, yang mengaku ayahnya juga ikut terlibat sebagai pejuang di barisan Letnan Kolonel Hasan Basri. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...