Wikana, Pemuda PKI Yang Ikut Menculik Soekarno - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 04 Juli 2022

    Wikana, Pemuda PKI Yang Ikut Menculik Soekarno

    Namanya kurang dikenal, meski ikut berjuang untuk memerdekan Indonesia baik dari penjajahan Belanda maupun Jepang. Anak bangsa yang negaranya kini merdeka, yang ia ikut perjuangkan; telah melupakannya, karena ideologi politik yang dianutnya; Komunisme.

    Wikana.
    Satu dari sejumlah pemuda yang menculik Soekarno pada Peristiwa Rengasdengklok, pada menjelang proklamasi kemerdekaan. Ia bersama Sukarni, Aidit dan Khairul Saleh, menculik Soekarno dan Hatta untuk memaksa agar teks proklamasi kemerdekaan segera dibacakan pasca kekalahan Jepang oleh Sekutu.

    Wikana termasuk dalam daftar orang yang dinyatakan hilang pasca Peristiwa Gestok (Gerakan 1 Oktober) atau G 30 S/PKI. Diduga Wikana ini termasuk yang dibunuh karena pembersihan para Anggota PKI, karena Wikana semasa kolonial pernah menjadi Pimpinan PKI bawah tanah di daerah Jawa Barat.

    Di masa kemerdekaan Wikana sempat menjadi Menteri Negara Urusan Pemuda di bawah Kabinet Syahrir II dan Kabinet Syahrir III, ia pun sempat menjadi Anggota MPRS. (wikipedia/Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...