Terkait Pengelolaan Pasar Modern Komisi II DPRD Kabupaten HST Kunker ke Tanah Bumbu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 13 Juli 2022

    Terkait Pengelolaan Pasar Modern Komisi II DPRD Kabupaten HST Kunker ke Tanah Bumbu

    Tanah Bumbu,
    Asisten Bupati Tanah Bumbu Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Rahmat Prapto Udoyo dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan Dan Perindustrian (DKUMP2) Tanah Bumbu, Deni Hariyanto bersama jajarannya, menyambut kunjungan kerja (Kunker) Rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HST), Selasa (12/07/22).

    Kunker dari Komisi II DPRD Kabupaten HST itu dalam rangka belajar terkait pengelolaan pasar modern serta pembinaan UMKM di Kabupaten Tanah Bumbu.

    Rahmat Prapto Udoyo menjelaskan terkait digitalisasi Tanah Bumbu sudah mengunakan E-Pasar. Kemudian tentang pasar modern yang tersebar di beberapa kecamatan sepertinya tidak terlalu berdampak bagi kios-kios masyarakat di bawahnya, karena ada batasan waktu dan jam tertentu.

    “Tidak menjadi satu kompetisi bagi kios-kios maupun pasar modern. Kemudian ada beberapa BUMDes Mart yang kami miliki, yakni pola seperti Indomaret maupun Alfamart. Jadi Mart yang menyerupai pasar modern saat ini merupakan tanggungjawab BUMDes di desa kami,” ungkap Rahmad.

    Terkait UMKM, banyak juga yang dikelola oleh pihak swasta dan pembinaanya dibantu oleh pihak DKUMP2 Tanah Bumbu.

    “Untuk memperkuat itu kami disini sudah mempunyai rumah kemasan, dimana rumah kemasan itu akan menjadikan produk UMKM memiliki nilai. Selain UMKM, kita juga mendorong ekonomi kreatif yang indentik biasa di wilayah pariwisata tapi tidak harus kebutuhan pariwisata,” ungkap Rahmad pula. (Rel/Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...