Religi | Putusan Tarjih Muhammadiyah; Salam Penutup Shalat - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 28 Juli 2022

    Religi | Putusan Tarjih Muhammadiyah; Salam Penutup Shalat

    "Setelah berdoa dalam tasyahud akhir, salamlah dengan berpaling ke kanan hingga terlihat pipimu dari belakang dengan membaca assalamu alaikum warahmatullah ke kanan, assalamu alaikum warahmatullah ke kiri. Baik salam ke kanan maupun ke kiri tanpa mengucapkan tambahan wabarakatuh," ungkap Ustadz Dr. Syakir Jamaluddin, MA dari Persyarikatan Muhammadiyah.

    Itu kata Ustadz Syakir berdasarkan Hadits Shahih riwayat Muslim, At Tirmidzi, Abu Sawud cetakan yang satunya.

    "Karena ada 2 cetakan Abu Dawud, yang kemudian subulussalam mengutip yang hanya cetakan yang satunya lagi.," tambah Ustadz Syakir.

    Jadi menurut Ustadz Syakir; Abu Dawud itu memberikan 2 pilihan yakni; salam alternatif pertama berbunyi; assalamu alaikum warahmatullah ke kanan, dan salam yang sama ke kiri. 

    "Pilihan ke 2; assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh ke kanan, dan ketika ke kiri; asslamu alaikum warahmatullah; dalam satu cetakan. Tapi cetakan yang lain, ada assalmu alaikum warahmatullah wabarakatuh ke kanan dan juga ke kiri pakai wabarakatuh," tambah Ustadz Syakir.

    Ia pun mengungkapkan; pilihan ke 2 dari Abu Dawud itu diperselisihkan para Ulama.

    "Pilihan pertama itu tak ada kontroversi. Sementara Tarjih Muhammadiyah pada putusan pertama hanya memberikan 1 alternatif salam dengan tambahan wabarakatuh ke kanan dan ke kiri. Munas Tarjih Muhammadiyah ke 27 tahun 2010 memberikan 2 alternatif; salam pertama, assalamu alaikum warahtullah tanpa wabarakatuh untuk ke 2 sisi, atau assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh; boleh hanya ke kanan, atau boleh untuk ke sisi," jelas Ustadz Syakir.

    Tarjih Muhammadiyah menurut Ustadz Syakir pula, lebih memilih cetakan yang satunya lagi; pakai wabarakatuh ke kanan dan ke kiri berdasarkan cetakan dari Sunan Abu Dawud. Jadi menurut Ustadz Syakir pilihan pertama salam penutup shalat adalah; assalamu alaikum warahmatullah ke kanan dan ke kiri, pilihan kedua adalah boleh membaca assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh ke kanan dan ke kiri. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...