Religi | Dari Mana Sebutan 'Nasrani' Berasal ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 24 Juli 2022

    Religi | Dari Mana Sebutan 'Nasrani' Berasal ?

    Kota Nazareth (delegasi.com)
    Nasrani,

    Kita sering kali mendengar sebutan tersebut, ditujukan kepada para pengikut Nabi Isa AS. Ada yang menisbatkan sebutan Nasrani itu untuk para umat Kristen, namun ada juga yang tak sependapat .

    Menurut Ustadz Abu Humairoh, kata atau sebutan Nasrani itu terdapat dalam Alquran yakni pada Surah Al Baqarah ayat 62; yang disebut dalam Bahasa Arab sebagai 'Nashara'. Kemudian di Al Baqarah ayat 111, ayat 113, ayat 120, ayat 135, ayat 140, ayat 144, ayat 145, dan ayat 146.

    Lalu di Alquran Surah Al Hajj ayat 17 dan ayat 40. Kemudian di Surah Al Maidah ayat 14, ayat 18, ayat 51, ayat 52, ayat 69 dan ayat 82. 

    Kata 'Nashara' juga disebut di Alquran Surah Ali Imran ayat 67, Surah Ar Ra'd ayat 36, Surah At Taubah ayat 30 dan ayat 34, serta Surah Yunus ayat 68.

    "Ada yang mengatakan penamaan Nasrani ini diambil dari kalimat 'An Nashirah'; satu tempat dimana Isa ibnu Maryam dilahirkan, menetap disitu dan diangkat menjadi Nabi dan Rasul," ujar Ustadz Abu Humairoh.

    Ditambahkannya, maka siapapun yang kemudian mengikuti ajar Isa AS, mereka mengatasnamakan diri sebagai An Nasharah, diambil dari An Nashirah, tempat kelahiran Nabi Isa AS yang letaknya di Palestina. Kemungkinannya adalah An Nashirah ini merupakan sebutan untuk Nazareth. 

    Kota Nazareth ini merupakan kota kuno yang berada di Utara Negara Israel. Memiliki sebutan dalam sejumlah bahasa yakni; Nashira (Arab), Nasrath (Aram), dan Natzrat (Ibrani). (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...