Jelang Idul Adha Distannak Bone Bolango Pantau Hewan Ternak - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 01 Juli 2022

    Jelang Idul Adha Distannak Bone Bolango Pantau Hewan Ternak

    Bone Bolango, 
    Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Bone Bolango, Alwin Karim, mengungkapkan keseriusan pihaknya terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak hewan, melalui Kepala Dinas langsung pihaknya membahas tentang penyakit yang muncul belakangan ini.

    Ditambahkan, pihaknya  juga sudah mengadakan pertemuan dengan pihak Kepolisian dan disikapi oleh Kepolisian dalam hal ini Kabag Ops pada saat melakukan pemantauan di lapangan yang berkaitan dengan PMK. 

    Menurut Karim, sampai saat ini sudah sekitar 25 desa yang dipantau, akan tetapi dari 7 kecamatan kami pihaknya belum menemukan hal-hal yang berkaitan dengan PMK ini, dan akan terus memantau kalau-kalau wabah PMK tersebut masuk.

    Apalagi menjelang hari raya idul adha, pihaknya tidak berhenti sampai disini, akan berkerja terus untuk memantau masuknya setiap hewan, dan akan memeriksa untuk diambil sampel-nya agar benar-benar tidak ada hewan yang terkena PMK.

    Kandang-kandang ternak sapi yang ada di Kabupaten Bone Bolango ini cukup banyak, terus dipantau, juga tidak lupa dilakukan penyemportan disinfektan kepada ternak-ternak yang berada di kandangnya.

    Alwin mengatakan terus mengedukasi masyarkat walaupun tak berbahaya bagi manusia tapi agar terus waspada meski bukan termasuk daerah wabah PMK bagi ternak Sapi dan Kambing, karena tingkat kematian yang ditimbulkan cukup tinggi. 

    "Ada tim kami yang selalu memantau kegiatan ataupun aktivitas yang berkaitan dengan masalah PMK ini," ujar Alwin. (Opan)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...