Hujan, Sejumlah Kawasan Tanah Bumbu dan Kotabaru Kebanjiran - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 28 Juli 2022

    Hujan, Sejumlah Kawasan Tanah Bumbu dan Kotabaru Kebanjiran

    Tanah Bumbu, 
    Hujan mengguyur sejumlah kawasan di Tanah Bumbu dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami kebanjiran diantaranya kawasan Kecamatan Angsana. 

    Air sempat menggenangi jalan umum propinsi, selain diakibatkan hujan, juga karena meluapnya Sungai Nibung yang berada di kawasan Angsana.

    "Kalau kemarin hingga tadi malam terjadi banjir disebabkan meluapnya, disamping karena adanya perbaikan jembatan, sehingga menyebabkan kemacetan parah, antrian panjang berjam-jam," ungkap seorang warga yang sedang menuju ke Angsana.

    Kawasan Kecamatan Satui yakni di wilayah Desa Makmur Mulia juga mengalami kebanjiran. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, di RT 04, 05 dan 06 Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui sempat terjadi kenaikan air setinggi sekitar 10 cm.

    Untuk Desa Angsana Kecamatan Angsana yaitu di RT 03, ketinggian air sempat naik hingga mencapai 1,5 meter yang mengakibatkan 7 rumah terendam dengan 23 jiwa yang terdampak.

    BPBD Kabupaten Tanah Bumbu terus melakukan pemantauan, pendataan dan koordinasi dengan perangkat desa dan pihak Pemerintahan Kecamatan setempatuntuk menghadapi situasi tersebut.
    Bersama pihak terkait dilakukan evakuasi warga yang terdampak banjir, selain juga telah diserahkan bantuan logistik berupa beras, mie instan, ikan kaleng, kecap, sambal, teh, kopi, gula, susu, dan air mineral untuk keperluan dapur umum.

    Kebanjiran juga melanda sejumlah kawasan di wilayah Kabupaten Kotabaru terutama di dalam ibukota Kotabaru, kurang lebih sama; disebabkan hujan dan meluapnya air sungai karena meningkatnya debit air dari curah hujan dan masuknya air laut pasang. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...