Bone Bolango Uji Coba Penerapan KTP Digital - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 27 Juli 2022

    Bone Bolango Uji Coba Penerapan KTP Digital

    Bone Bolango, 
    Kabupaten Bone Bolango merupakan satu diantara 58 daerah yang ada di Indonesia yang sudah mulai uji coba serta menerapkan KTP Digital.

    Hal itu seperti diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Oktavianus SW. Rahman, saat mendampingi seorang ASN Dinas Kominfo, Abdul Kadir Pakaya melaksanakan registrasi untuk pembuatan KTP Digital.

    Oktavianus, menjelaskan KTP digital sudah bisa dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Bolango; sudah bisa mengakses ataupun bisa menggunakan KTP Digital. Karena ini mulai diuji coba dan diterapkannya penggunaan KTP Digital di daerah ini.

    Untuk menggunakan fasilitas KTP Digital ini warga wajib memiliki smart phone ataupun Pinsel Android dan akses internet untuk melakukan validasi data.
    Langkah pertama yang harus dilajukan adalah men-download (mengunduh) aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang ada di Playstore.

    Untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), e.mail, nomor ponsel, melakukan foto selfie dan registrasi, selanjutnya minta QR Code yang ada di Disdukcapil untuk disinkronkan.

    "Setelah Itu akan ada e.mail aktivasi dan Nomor Pin yang akan digunakan untuk login ke aplikasi Identitas Kependudukan Digital, dan data kependudukan akan tampilkan, serta sertifikat vaksinasi Covid-19, NPWP, Tanda tangan elektronik, jumlah kendaraan yang dimiliki, dan berbagai data penunjang lainnya akan ditampilkan," jelas Oktavianus. (Opan)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...