Selenggarakan Lomba Posyantek Desa Aktif dan Berprestasi se Kabupaten Kapuas - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 22 Juni 2022

    Selenggarakan Lomba Posyantek Desa Aktif dan Berprestasi se Kabupaten Kapuas

    Pemkab Kapuas Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Lomba Posyantek Desa Aktif dan Berprestasi, Seleksi Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Penunjukkan TTG Unggulan Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2022, diikuti sebanyak Posyantek, Selasa (21/06/22) ,di Aula DMPD Kapuas.

    Kegiatan ini dalam rangka mengatasi permasalahan di masyarakat dan pengembangan serta penerapan Teknologi Tepat Guna di desa/kelurahan, yang mana perlu wadah melalui Pos Pelayanan Teknologi atau disingkat dengan Posyantek.

    Posyantek desa/kelurahan merupakan lembaga pelayanan TTG yang memberikan pelayanan teknis, informasi dan orientasi berbagai jenis TTG. Kehadiran dan keaktifan Posyantek diharapkan mampu mendayagunakan potensi lokal, menjawab persoalan dan mencarikan solusi atas permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

    Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Yanmarto, SH, M.Hum dalam pembukaan kegiatan tersebut, menyampaikan Posyantek adalah lembaga yang ada di desa dan sebagai Agen Pembangunan. Diketahui bersama bahwa betapa urgen-nya keberadaan Posyantek.

    “Untuk itu kami menginginkan melalui Lomba Posyantek yang diselenggarakan ini dapat memotivasi mereka untuk lebih aktif dan berkembang, diharapkan nantinya muncul inovasi-inovasi TTG di desa, untuk menjawab/mengatasi persoalan di masyarakat dan adanya fungsi pemberdayaan di desa,” tutur Yanmarto.

    Ia berharap peserta yang mengikuti lomba ini agar nanti ke depan dapat mereplikasikan dan menggaungkan keberadaan Posyantek-nya ke desa-desa lain khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas.

    Para Peserta Lomba langsung dinilai oleh Tim Penilai/Dewan Juri untuk menentukan 3 Besar Terbaik.

    "Untuk para pemenang terbaik, kami menyiapkan piagam penghargaan dan hadiah pembinaan. Selain itu kami DPMD akan terus mendorong, memberdayakan dan membina Posyantek yang ada saat ini agar menjadi lebih baik lagi dan juga mengupayakan dalam waktu dekat ini untuk mereka terus belajar dengan Posyantek Terbaik dan Berprestasi yang ada di daerah lain sehingga mereka dapat mengaplikasikannya di desanya masing-masing,” jelas pihak Dinas PMD. (Dolok)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...