Sebelumnya 3 Kini Ada 2 Kodam di Kalimantan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 08 Juni 2022

    Sebelumnya 3 Kini Ada 2 Kodam di Kalimantan

    Bagi yang belum tahu, ternyata di Pulau Kalimantan (Indonesia) yang terdiri dari 5 Propinsi; terdapat 2 Komando Daerah Militer atau Kodam.

    Kodam ini identik dengan TNI Angkatan Darat yang membawahi Komando Resort Militer (Korem), Komando Distrik Militer (Kodim) dan Komando Rayon Militer.

    2 Kodam di Kalimantan adalah Kodam VI Mulawarman atau Kodam VI/MLW, dan Kodam XII Tanjungpura atau Kodam XII/TPR.

    Nama Mulawarman diambil dari nama Raja Kutai Martapura yakni Sri Narendrasya Mulavarman Nala Dewa yang memerintah pada abad ke 4 hinga ke 5 Masehi di wilayah Kutai Kaltim. Adapun nama Tanjungpura diambil dari nama Kerajaan Tanjungpura yang pernah eksis di wilayah Kalbar pada abad ke 8 Masehi.

    Ke 2 Kodam itu hasil likuidasi dari Kodam VI/TPR yang kemudian dipecah secara resmi pada 28 Juni 2010 oleh KSAD, Jenderal TNI George Toisuta menjadi Kodam VI/MLW dan Kodam XII/TPR. 
    Kodam VI/MLW membawahi wilayah Propinsi Kaltim, Kaltara dan Kalsel bermarkas di Balikpapan Kaltim, sedangkan Kodam XII./TPR membawahi wilayah Propinsi Kalbar dan Kalteng bermarkas di Pontianak Kalbar.

    Sebelum keberadaan 2 Kodam itu di Kalimantan pernah terdapat 3 Kodam yakni; Kodam IX/Mulawarman untuk wilayah Kaltim, Kodam X/Lambung Mangkurat untuk wilayah Kalsel dan klteng, dan Kodam XII/Tanjungpura untuk wilayah Kalbar. (Many Sources)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...