Pasar Inengo Dibuka, Cikal Bakal Pasar Harian di Bone Bolango - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 19 Juni 2022

    Pasar Inengo Dibuka, Cikal Bakal Pasar Harian di Bone Bolango

    Bone Bolango,
    Pasar Harian Inengo yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) baru dibuka, Minggu (19/06/22).

    Pasar yang berada di Kecamatan Kabila Bone itu pun diserbu warga baik para pedagang maupun pembeli. Pasar yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat ini diinisiasi oleh Pemerintah Kecamatan Kabila Bone bersama beberapa tokoh masyarakat dan didukung oleh Dinas Perikanan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bone Bolango dengan memanfaatkan eks bangunan pasar ikan milik Pemkab Bone Bolango. 

    Para pedagang maupun pembeli sangat antusias mendatangi Pasar Inengo. Tidak hanya warga sekitar Kecamatan Kabila Bone, tetapi banyak juga masyarakat dari luar Kabila Bone yang datang ke Pasar Inengo.

    Pengelola Pasar Inengo, Noldi Katili kepada mengatakan, dirinya sangat bersyukur dengan dibukanya pasar ini.

    "Saya bersyukur akhirnya pasar yang baru kami rencanakan beberapa minggu yang lalu ini bisa segera terwujud. Ini membuktikan bahwa pasar ini bakal menjadi pasar yang diminati pedagang dan pembeli," ungkap Noldi.

    Kata Noldi pula, jumlah pembeli belum sebanding dengan jumlah pedagang yang ada. Banyak pembeli yang datang namun belum semua pedagang yang sudah terdaftar datang hari ini. Ia perkirakan besok mereka akan datang karena bisa saja hari ini mereka belum memiliki persiapan.

    Tidak hanya pihak pengelola pasar, para pembeli pun mengaku bersyukur dengan dibukanya Pasar Harian Inengo.

    "Jujur kami bersyukur dengan adanya pasar harian ini, kami tak sulit lagi berbelanja kebutuhan rumah tangga yang biasanya kami hanya belanja di pasar mingguan," kata seorang pembeli yang tidak mau disebut namanya.

    Pembukaan perdana Pasar Harian Inengo ini turut dihadiri oleh Camat Kabila Bone, Dahlan Tomelo dan Kepala Dinas Perindag Kabupaten Bone Bolango, Imran Bagu.

    Camat Kabila Bone mengharapkan agar para pedagang dan pembeli memanfaatkan pasar ini sebagai sarana untuk peningkatan ekonomi.

    "Ini besar manfaatnya untuk peningkatan ekonomi. Saya minta pedagang serius untuk berjualan di pasar ini," kata Dahlan.

    Senada dengan Dahlan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bone Bolango Imran kepada pengelola mengaku optimis Pasar Inengo akan menjadi pasar besar dan ramai.

    "Saya optimis ini akan jadi pasar besar dan ramai. Meskipun hari ini pedagangnya masih kurang namun antusias pembeli yang datang sangat tinggi. Ini pasti akan jadi salah satu pasar yang berhasil dan akan menjadi cikal bakal satu-satunya pasar harian yang ada di Kabupaten Bone Bolango," tutu Camat. (Opan)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...