Kotabaru, Beda Dari 10 Kabupaten Lainnya di Kalsel, Nama Kabupaten Sekaligus Nama Ibukota - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 21 Juni 2022

    Kotabaru, Beda Dari 10 Kabupaten Lainnya di Kalsel, Nama Kabupaten Sekaligus Nama Ibukota

    Dari 11 Kabupaten di wilayah Propinsi Kalimantan Selatan, hanya Kabupaten Kotabaru yang nama kabupaten dan ibukotanya menggunakan nama yang sama yakni; Kabupaten Kotabaru beribukota di Kotabaru.

    Sementara itu 10 Kabupaten lainnya memiliki nama kabupaten dan ibukota yang berbeda yakni; Kabupaten Banjar beribukota Martapura, Kabupaten Tapin ibukotanya Rantau, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) beribukota di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST); Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU); Amuntai, Kabupaten Balangan; Paringin, Kabupaten Tabalong; Tanjung, Kabupaten Barito Kuala; Marabahan, Kabupaten Tanah Laut; Pleihari, dan Kabupaten Tanah Bumbu beribukota di Batulicin.

    Padahal kalau mengingat sejarahnya Kotabaru sangat identik dengan Pulau Laut sejak era Kolonial Belanda hingga kini, karena pusat pemerintahan yang berada di daratan Pulau Laut. Entah kenapa nama kabupaten bukan mengambil nama Pulau Laut dengan ibukotanya Kotabaru (?).

    Berikut adalah 2 daerah kabupaten di Indonesia yang sedang mengusulkan berganti nama karena dianggap tak sesuai dengan sejumlah hal, silakan simak di bawah ini.
    1. Kabupaten Maluku Tenggara, sedang dalam proses mengganti namanya. Kabupaten yang berada di wilayah Propinsi Maluku ini beribukota di Langgor, wilayahnya terdiri dari Kepulauan Kei Besar dan Kepulauan Kei Kecil serta kepulauan kecil lainnya yang membentuk gugusan Kepulauan Kei. Itulah sebabnya masyarakat dan Bupatinya mengusulkan mengganti nama Kabupaten Maluku Tenggara menjadi Kabupaten Kepulauan Kei, karena lebih mewakili kondisi geografisnya.
    2. Kabupaten Malang, terletak di wilayah Propinsi Jawa Timur. Selain keberadaan Kabupaten Malang, juga terdapat Pemerintahan Kota Malang. Pada September 2021, Bupati Malang, Abah Sanusi mengusulkan perubahan nama Kabupaten Malang menjadi Kabupaten Kepanjen saat menerima kunjungan Komis V DPR RI. Adapun alasan mengganti nama kabupaten tersebut; karena ibukota Kabupaten Malang saat ini bukan lagi di Malang yang menjadi kota dengan pemerintahan terpisah tapi di Kepanjen. 
    Nah, apakah Kabupaten Kotabaru juga berniat mengikuti 2 kabupaten tersebut di atas; agar lebih spesifik ? Tentu ini tergantung keinginan dari masyarakatnya, para tokoh dan Pemerintah Daerah setempat, apalagi nanti kalau benar-benar terjadi pemekaran daerah menjadi Kabupaten Tanah Kambatang Lima, maka wilayah Kabupaten Kotabaru hanya tersisa yang terdiri dari pulau-pulau. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...