Kerjasama Dinas Perikanan Bone Bolango Dengan Universitas NU Gorontalo; Pemanfaatan Limbah Ikan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 18 Juni 2022

    Kerjasama Dinas Perikanan Bone Bolango Dengan Universitas NU Gorontalo; Pemanfaatan Limbah Ikan

    Bone Bolango,
    Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango menjalin kerjasama dengan Fakultas Maritim, Perikanan dan Kehutanan Universitas Nahdhatul Ulama Gorontalo (UNUGO), ditandai dengan penandatanganan naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango, Sugondo Makmur dengan Dekan Fakultas Maritim, Perikanan dan Kehutanan UNUGO, Supriatna, S.Hut, M.Hut, bertempat di Gedung PPI Inengo, Jumat (17/06/22) lalu.

    Sugondo Makmur, mengatakan sangat bangga bisa melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi seperti UNUGO, dengan tujuan untuk mengembangkan SDM melalui pelayanan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

    "Kerjasama ini juga untuk tindaklanjut pemanfaatan teknologi terapan dalam bidang perikanan dan pemanfaatan sarana dan prasarana TPI Inengo dan pemberdayaan masyarakat pesisir melalui Program Pelatihan Pengelolaan dan Pembuatan Pakan Ikan," kata Sugondo. 

    Ditambahkannya, pelaksanaan Operasional Perjanjian Kerjasama ini telah mempersiapkan pihak UNUGO untuk memanfaatkan sebuah bangunan kantor yang ada di PPI atau TPI Inengo untuk digunakan sebagai lokasi kegiatan yang sudah disepakati dalam Perjanjian Kerjasama.

    Rektor UNUGO, Ridwan Tohopi menjelaskan PKS ini terkait dengan pemanfaatan limbah ikan atau bangkai ikan yang rusak dan bangkai ikan terkadang hanya terbuang begitu saja padahal bisa dimanfaatkan ataupun bisa diolah menjadi pakan ikan atau bisa dijadikan Kerupuk Ikan.

    Rektor UNUGO yang juga sebagai Ketua Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir itu, menjelaskan PKS merupakan tindaklanjut MoU antara Rektor UNUGO dengan Bupati Bone Bolango.

    Dan sebagaimana yang tertuang dalam naskah PKS; landasan PKS ini didasarkan Nota Kesepakatan Bersama antara Rektor UNUGO Nomor 407.A/KS.01.13/UNU.G/IX/2021 dengan Bupati Bone Bolango Nomor 180/KB/22/HKM-KS/IX/2021.

    Ridwan Tohopi mengungkapkan Nota Kesepakatan ini tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian, dan sekaligus juga untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pembangunan Fakultas Kedokteran Hewan. (Opan)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...