Kapuas Ranking 1 Konvergensi Penurunan Stunting se Kalteng - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 01 Juni 2022

    Kapuas Ranking 1 Konvergensi Penurunan Stunting se Kalteng

    Pemkab Kapuas Kalteng melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengikuti Rapat Evaluasi Konvergensi Stunting bersama dengan seluruh Kabupaten/Kota se Kalteng, Senin (30/05/22) lalu, di Palangka Raya.

    Rapat tersebut mengevaluasi 8 aksi tahapan kegiatan konvergensi stunting yang dilakukan selama ini dan dari hasil tersebut Kabupaten Kapuas diminta untuk memberikan paparan terhadap progres stunting yang telah dilakukan.

    Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas, Ahmad Muhammad Saribi yang hadir pada rapat tersebut manyampaikan; berdasarkan dari survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) dari Kementerian Kesehatan dan Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Kapuas sudah mengalami penurunan stunting dari angka 42,37 persen menjadi 25 persen maka terjadi penurunan sekitar 17,38 persen.

    Kemudian ia menyampaikan ada beberapa inovasi dan gerakan masif berdasarkan petunjuk dari Bupati Kapuas untuk melakukan rapat evaluasi stunting setiap bulan bahkan berkala per triwulan, dimana rapat ini menghasilkan beberapa kesepakatan. Karena evaluasi dari 20 indikator stunting yang selama ini ada dengan evaluasi paling jauh yaitu sanitasi, jamban memenuhi standar, air bersih layak minum serta adanya ekonomi masyarakat per keluarga.

    "Alhamdulillah dari evaluasi itu yang telah dikabulkan konvergensi, Kabupaten Kapuas sudah memenuhi kriteria secara keseluruhan dengan telah melakukan inovasi yang luar biasa dengan menjadi Peringkat Pertama se Kalteng dengan skor 61 dari hasil kesepakatan propinsi bersama dengan Kabupaten Kotim, jadi ada 2 Kabupaten yang mendapatkan Rangking yang sama," tutur Saribi.

    Lebih lanjut ia mengatakan, inovasi yang telah dilakukan sebagai contoh yaitu Gerakan Bersama Menuju Kapuas Bebas Stunting (gema eka asi) ini nantinya akan dilakukan dalam peraturan Bupati dan beberpa inovasi lainnya yang dilakukan di Puskesmas di masing-masing Kecamatan. Kabupaten Kapuas juga untuk tahun 2022 ini telah ditargetkan oleh pusat terkait penurunan stunting dari 25 persen menuju ke 18 persen.

    "Dengan harapan seluruh OPD, Kecamatan, Kelurahan dan Desa mampu bersinergi didalam pemenuhan penurunan stunting, ini perlu kerjasama terutama dari dana desa dan dana kelurahan serta meminta dukungan dari Forum CSR agar membantu dan memenuhi penurunan angka stunting di Kabupaten Kapuas," pungkas Saribi. (Dolok)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...