Desa-desa di Bulango Selatan Menuju Desa Mandiri - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 13 Juni 2022

    Desa-desa di Bulango Selatan Menuju Desa Mandiri

    Bone Bolango,
    Bupati Bone Bolango, mengharapkan pada tahun mendatang seluruh desa di Kecamatan Bulango Selatan akan menjadi desa mandiri. 

    "Di Propinsi Gorontalo ada 11 Desa Mandiri. Dari jumlah tersebut 80 persen ada di Kabupaten Bone Bolango dan 50 persen terdapat di Kecamatan Bulango Selatan. Nah, disinilah di desa mandiri kita bisa menggali potensi-potensi desa sehingga menjadi sumber pendapatan desa," kata Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.

    "Dari potensi yang dimiliki desa-desa tersebut, seperti Desa Ayula Selatan, alhamdulillah sudah keluar dari kategori masyarakat miskin. Desa Ayula Selatan ini desa kreatif. Dan penanganan sampah di desa ini yang terbaik," ungkap Camat Bulango Selatan, Parmin Azis kepada Awak Media ini.

    Camat menambahkan, Desa Lamahu sudah dideklarasikan sebagai Desa Digital. 

    "Disamping itu ada pemberdayaan masyarakat yang sudah dilakukan dan sudah jalan melalui BUMDes," kata Camat pula.

    Sementara itu Kades Ayula Selatan, Heny Aswin Monoarfa, SIP kepada media ini mengatakan, kategori Desa Mandiri sejak beberapa tahun lalu. 

    Ditambahkannya, ada sejumlah kegiatan  dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dalam bidang pembangunan desa diataranya pada sub bidang pendidikan; PAUD, TK, TPA, TKA, TPQ, Madrasah Non Formal milik desa. Di bidang kesehatan; penyelenggaraan pos kesehatan desa, Polindes milik desa, serta penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan. Pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian dan peternakan juga dilakukan sosialisasi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. (Opan)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...