Curah Hujan Tinggi di Daratan Pulau Laut Banyak Nelayan Tak Melaut - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 30 Juni 2022

    Curah Hujan Tinggi di Daratan Pulau Laut Banyak Nelayan Tak Melaut

    Kotabaru, 
    Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Kotabaru dalam 2 pekan terakhir khusunya daratan Pulau Laut; membuat sejumlah sungai di beberapa kawasan mendapat debit air yang cukup besar.

    Seorang warga Desa Semaras melaporkan, dengan tinggi curah hujan di kawasan tersebut membuat besarnya debit air di Sungai Sekoyang, Semaras dan Sakarambut yang kesemuanya bermuara ke Selat Laut, selat yang memisahkan antara daratan Pulau Laut dengan daratan Pulau kalimantan.

    Akibat besarnya debit air di sungai-sungai tersebut; adalah berkurangnya hasil tangkap para nelayan yang mencari ikan tak seberapa jauh dari muara sungai. Besarnya debit air sungai karena curah hujan yang cukup tinggi membuat air di sekitar muara sungai menjadi payau dan cenderung tawar, sehingga ikan laut pun menghindar dari kawasan sekitar muara sungai.

    "Bahkan air sungai itu sudah melampaui luar bagang yang berada di kawasan pinggiran pesisir. Para Pebagang dan Perempa tak ada yang melaut," ungkap warga Desa Semaras.

    Tampak sejumlah perahu motor milik warga nelayan yang bertambat di sekitar jembatan Desa Semaras yang tidak pergi melaut. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...