3 Makanan Yang Tak Sesuai Namanya - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 13 Juni 2022

    3 Makanan Yang Tak Sesuai Namanya

    Bicara soal makanan tentu paling tepat saat perut lapar, dan.....tentunya saat itu kita punya uang untuk membeli ataupun membeli bahan-bahannya untuk bisa membuatnya.

    Terdapat sejumlah makanan yang kita kenal namun sebenarnya tak sesuai dengan namanya. 

    -French Fries.
    Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, artinya gorengan Prancis, atau makanan  yang digoreng ala Prancis, atau terkait dengan hal-hal yang berbau Prancis. Ternyata tidak.

    French Fries, kentang goreng yang bentuknya persegi panjang biasa dijual di gerai franchise semacam Mc Donald, Burger King maupun kafe; tak ada hubungannya dengan Prancis. Makanan ini aslinya berasal dari Belgia yang bertetangga langsung dengan Belanda.

    Menurut Sejarawan Belgia, Joe Gerard, makanan siap saji French Fries atau kentang goreng itu sudah dikenal di Belgia sejak tahun 1680.

    -Hot Dog.
    Anjing Panas. Tentu asumsi awal terhadap makanan  tersebut adalah berbahan daging anjing.
    Ternyata hot dog sama sekali tidak mengandung daging anjing. Hot dog pertama kali diciptakan oleh orang Jerman pada tahun 1852. Ia berinovasi dengan membuat sosis yang berukuran lebih langsing, pipih dan panjang, berbeda dari sosis biasanya yang cenderung buntal dan tambun. Selain itu, sosis ini juga memiliki sarung yang tipis. Isiannya adalah daging cincang yang sudah diberi banyak bumbu dan kemudian diasapi.

    Si pembuat sosis ini memiliki anjing dachshund yang kemudian menginspirasinya untuk memberi nama sosis ciptaannya karena bentuknya yang mirip. Sejak itulah orang-orang menyebutnya dengan "dachshund sausages".

    -Hamburger.
    Pada nama makanan tersebut diawali kata 'Ham' yang tidak lain adalah daging babi. Makanan Hamburger ini aslinya tidaklah menggunakan daging babi, meski namanya sangat berbau daging babi.

    Ketika orang Eropa bermigrasi ke Amerika Serikat secara massal pada abad ke 18 dan ke 19, mereka membawa serta makanan favorit mereka, termasuk steak hamburg. Nama terakhir merupakan roti goreng dari daging sapi cincang dan bawang cincang yang diikat bersama dengan telur, remah roti, dan rempah-rempah ringan.

    Menurut laman U.S Department of Agriculture, nama 'Hamburger' berasal dari kota pelabuhan Hamburg di Jerman. Burger yang kita kenal sekarang berevolusi dari steak Hamburg.

    Nah, itulah 3 makanan yang tak sesuai dengan namanya. Kemungkinan terdapat makanan lainnya juga, silakan amati apa saja di sekitar anda. (Red/manysources)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...