Yandex, Mesin Pencari Internet Buatan Rusia Pesaing Google - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 19 April 2022

    Yandex, Mesin Pencari Internet Buatan Rusia Pesaing Google

    Pengguna internet di Indonesia sudah pasti sangat mengenal beberapa mesin pencari (search engine), browser; yang paling terkenal tentu Google, sehingga ada istilah 'googling' atau mencari dengan menggunakan Google. Selain itu yang cukup dikenal juga adalah Mozilla Firefox, Yahoo, Opera, MSN dan mungkin Baidu dan Brave (2 yang terakhir kemungkinan asal China). Tapi siapa yang kenal Yandex ? Mungkin sangat sedikit.

    Yandex ini merupakan browser ataupun mesin pencari yang diciptakan pada 1993 oleh perusahaan bernama Arkadi yang dimotori oleh 2 orang Rusia bernama Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky. 

    Mesin pencari Yandex tersebut resmi diperkenalkan pada tahun 1997. Yandex ini sangat terkenal di Rusia ketimbang Google, lebih dari 50 persen warga Rusia menggunakan Yandex yang berlogo huruf Y berwarna merah. 
    Yandex semakin populer di Rusia setelah pada 2017 smartphone di negara beruang merah itu memutuskan tak lagi menjadikan Google sebagai mesin pencari default (bawaan, Red) pada perangkat komunikasi mereka.

    Nah, Yandex ini tersedia di play store smartphone yang digunakan di Indonesia, anda bisa mengunduhnya siapa tahu jadi cocok. Dan ke depannya bukan mustahil ada istilah 'Yandexing' sebagai saingan untuk istilah 'Googling', namun apakah kita lebih suka menggunakan Google atau Yandex; yang jelas keduanya ciptaan negera lain. Kita berharap ke para ahli IT di Indonesia juga mampu membuat mesin pencari seperti itu, terserah mau apa namanya, bisa pakai nama Ngggole'e atau apapun. (©Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...