Sidoarjo Miliki Pusat Data dan Informasi Desa, Dorong Desa Melek Data - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 25 April 2022

    Sidoarjo Miliki Pusat Data dan Informasi Desa, Dorong Desa Melek Data

    Sidoarjo Jawa Timur,
    "Butuh tempat untuk berkumpul bersama membicarakan masalah desa dan sebagainya, kantor Pusdatin menjadi tempat forum untuk warga yang ingin mendapatkan informasi dan data desa," ujar Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor, S.IP pada kesempatan meresmikan Kantor Pusat Data dan Informadi (Pusdatin) Desa sekaligus Sekretariat Asosiasi Pendamping Desa Indonesia (APDI) Sidoarjo, di Perumahan Wisma Delta No 22 Sekardangan Sidoarjo beberapa waktu lalu.

    Pengadaan Kantor Pusdatin Desa itu sebagai bentuk dukungan Pemkab Sidoarjo kepada stakeholder yang ikut bersama-sama membangun dan memajukan desa-desa di Sidoarjo, yang akan mendorong program desa melek data. 

    Sistem informasi data desa akan menjadi hal yang penting dimiliki oleh pemerintah sebagai sarana melihat potensi yang ada di desa yang perkembangannya sangat dinamis dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu Bupati Sidoarjo melihat keberadaan Pusdatin tidak hanya sebatas kantor administrasi saja tetapi menjadi tempat berdiskusi tukar informasi sekaligus menjadi tempat berkumpulnya warga.

    Pusdatin sendiri adalah unsur pendukung pelaksana tugas dan fungsi Kementerian yang bertanggungjawab kepada Menteri melalui Sekjen. 
    Tugas Pusdatin melaksanakan pembinaan, pengembangan dan standardisasi teknis di bidang sistem informasi, teknologi informasi, sistem komunikasi data dan persandian pertahanan negara.

    Terkait pembicaraannya dengan pemerintah pusat, Bupati alumni Fisip Unair itu menyampaikan, kemajuan Indonesia linier dengan perkembangan dan kemajuan desa. Penguatan data dan sistem informasi desa menjadi sumber penting sebagai sumber informasi dalam membangun dan memajukan desa.

    "Seberapa kuat data, seberapa kuatnya pembangunan, semua ditentukan dari struktur terkecil, yakni desa. Indonesia maju didukung desa yang melek data. Keberadaan kantor Pusdatin Desa merupakan wujud dukungan pemkab menjadikan Sidoarjo wilayah percontohan terkait data desa di Indonesia, sehingga Sidoarjo harus selangkah lebih maju," ungkap Bupati pula. (Reva M)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...