Sejarah Hoax, Indonesia Dijajah Belanda Bukan 350 Tahun, Cek Faktanya - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 29 April 2022

    Sejarah Hoax, Indonesia Dijajah Belanda Bukan 350 Tahun, Cek Faktanya

    Indonesia (Hindia Belanda) dijajah Belanda selama 350 tahun, anda percaya ? Menghitungnya dari tahun berapa ?

    Sejarah mencatat kedatangan Bangsa Belanda ke Hindia Belanda atau tepatnya ke Banten pada tahun 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman, seperti dikutip dari buku Sejarah SMP Kelas VIII oleh Drs. Ahmad Kurnia dan Drs. H. Moh. Suryana.

    Anggap saja kedatangan Bangsa Belanda pertama kali itu yakni tahun 1596 langsung menjajah, hingga menyerah dari Jepang pada tahun 1942. Coba kita hitung; 1942 dikurangi 1596, maka hasilnya adalah 346 tahun.

    Kedatangan Bangsa Belanda sendiri diketahui tidak langsung melakukan penjajahan, tapi berdagang. Pada 1602 para pedagang Belanda yang mulai banyak berdatangan ke Hindia Belanda membentuk Kongsi Dagang bernama Verenigde Oost Indische Compagnie (VOC) atau lebih dikenal dengan sebutan Kompeni. 

    VOC atau Kompeni ini tidak mewakili Kerajaan Belanda ataupun Negeri Belanda, bertahan hingga tahun 1799 atau dibubarkan dikarenakan bangkrut dan banyak hutang.

    Pada tahun 1800 Hindia Belanda diambil alih Kerajaan Belanda, dan berada di bawah pemerintahan Kerajaan Belanda, dari sejak inilah sebenarnya dimulai penjajahan atau kolonialisasi Belanda terhadap Hindia Belanda, yang kalau dihitung hingga 1942, maka kolonialisasi Belanda hanya berlangsung selama 142 tahun, inipun belum dikurangi dengan pengambil alihan Hindia Belanda oleh Prancis (1806-1811) dan Inggris (1811-1816), sehingga ada waktu jeda Kolonialisasi Belanda selama 10 tahun. Maka penjajahan Belanda terhadap Indonesia secara hitungan tersebut hanya selama 132 tahun. (Many Sources)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...