Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Dilaksanakan di Teras Merapi Jogjakarta - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 27 April 2022

    Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Dilaksanakan di Teras Merapi Jogjakarta

    Jogyakarta,
    Puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022 dilaksanakan di Teras Merapi Balerante, Jogjakarta, Selasa (26/04/22). Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur ikut hadir pada acara ini.

    Koordinator SRPB Jawa Timur, Dian Harmuningsih hadir bersama Koordinator Bidang Sarana Prasarana Kebencanaan, Andreas 'Leo' Eko Muljanto. Serta seorang Perwakilan Mitra SRPB Jatim dari JOSS Peduli, Andreas Tirta Sinulingga.

    Rangkaian acara meliputi penandatanganan MoU BNPB dengan beberapa universitas diantaranya dari Jawa Timur yaitu Unitomo Surabaya. Ada juga pergelaran budaya dari Relawan setempat, serta monolog tentang kebencanaan.

    Tema HKB tahun ini adalah Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana. Peserta acara ini hadir dari berbagai kota dan kabupaten.

    "Semua upaya sadar akan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dimulai dari level pribadi. Kemudian level keluarga dan level komunitas," ungkap Koordinator SRPB Jawa Timur, Dian Harmuningsih.

    Menurutnya tagline 'Siap untuk Selamat' merupakan usaha agar kita bisa hidup aman, selamat, dan nyaman di lingkungan yang memiliki risiko bencana.

    Acara puncak HKB tampak syahdu namun tidak mengurangi kehidmatannya. Diiringi hujan dan kabut lereng Gunung Merapi nan pekat, acara terasa akrab dan menyatu dengan alam. Para relawan yang hadir tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

    Pada acara ini hadir Kepala BNPB, Letjen TNI Suhariyanto, Prof. Syamsul Maarif, kepala BNPB pertama, sejumlah undangan lainnya diantaranya Sestama Lilik Kurniawan dan para Deputi BNPB. (Reva M)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...