DPRD dan Pemprop Kalsel Bahas Solusi Jangka Panjang Kelangkaan Minyak Goreng - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 06 April 2022

    DPRD dan Pemprop Kalsel Bahas Solusi Jangka Panjang Kelangkaan Minyak Goreng

    Foto Berita:
    Waket DPRD Kalsel, M. Syaripuddin, SE, M.AP
    Banjarmasin,
    DPRD Propinsi Kalsel mendorong Pemprop Kalsel sama-sama menghadirkan solusi jangka panjang terkait permasalahan kelangkaan minyak goreng di tengah-tengah masyarakat Kalsel.

    Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Propinsi Kalsel, M. Syaripuddin, SE, M.AP pada Rapat Dengar Pendapat (RDP, Hearing) bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Rabu, (06/04/22), yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Propinsi Kalsel, DR (HC) H. Supian HK, SH, MH.

    “Kami berharap pemerintah dapat menyajikan solusi untuk kelangkaan minyak goreng ini. Tidak hanya jangka pendek, namun juga jangka menengah dan panjang. Karenanya kami sangat megharapkan kolaborasi antar SKPD untuk mewujudkan aksi nyata yang dirasakan di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Politisi PDIP itu.

    Sebelumnya pada RDP tersebut Kepala Dinas Perdagangan Propinsi Kalsel, H. Birhasani melaporkan perkembangan terkini; persediaan minyak goreng kemasan di pasaran, diakuinya untuk kebutuhan masyarakat 3 bulan ke depan diproyeksikan masih tercukupi.

    “Kita lihat untuk saat ini ketersediaan minyak goreng dari pihak distributor mencapai 790 ribu liter lebih, jika dibagi berdasarkan rata-rata kebutuhan warga kalsel, ditambah dengan kemungkinan lonjakan permintaan pada Ramadhan dan hari raya Idul Fitri sebesar 10 sampai 15 persen, maka untuk 3 bulan ke depan masih bisa cukup,” ungkap H. Birhasani.

    Tanggapan yang sama juga dari Ketua DPRD Kalsel mengungkapkan dan berharap untuk terus mengawal ketersediaan dan keterjangkauan harga sehingga tidak menimbulkan kelangkaan kembali setelah 3 bulan ke depan.

    “Kita semua berharap harga dapat stabil, makanya rencana jangka panjang terkait kelangkaan minyak goreng ini harus dipikirkan. Selain itu kami harapkan pemerintah juga mendorong pengusaha lokal untuk berpartisipasi membuat produk minyak goreng ini. Terlebih juga kepada Dinas Perkebunan agar bisa memetakan potensi kelapa sawit yang ada di Kalsel,” ujar Supian HK. (Rel/Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...