Dinkes Jatim Luncurkan Aplikasi E-TIBI Untuk Layanan Penyakit TBC - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 27 April 2022

    Dinkes Jatim Luncurkan Aplikasi E-TIBI Untuk Layanan Penyakit TBC

    Surabaya,
    Dinas Kesehatan (Dinkes) Propinsi Jawa Timur meresmikan aplikasi E-TIBI berbasis website yang dimaksudkan guna mempercepat eliminasi penyakit Tuberkulosis (TBC) di Jawa Timur, Rabu (27/04/22).

    Aplikasi ini bertujuan memudahkan Tenaga Kesehatan dan masyarakat melakukan skrining TBC secara mandiri (self assessment) baik secara aktif maupun pasif. 
    Kepala Dinas Kesehatan Prov Jatim, Erwin Astha Triyono, mengatakan dengan aplikasi E-TIBI masyarakat bisa dengan mudah mengakses tanpa harus login terlebih dahulu. Selain itu link aplikasi mudah disebarkan melalui media sosial, cepat dalam pengisian (±1 menit setelah pengguna mengisi identitasnya), menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan masyarakat bisa langsung mengetahui status pemeriksaan (terduga/bukan terduga).

    “Setelah mengetahui status pemeriksaannya, masyarakat terduga TBC diharapkan segera datang ke fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat, sehingga dapat segera ditindaklanjuti oleh tenaga kesehatan,” kata Erwin.

    Dijelaskannya pula, masyarakat dapat mengakses aplikasi E-TIBI kapanpun dan dimanapun, yang didesain untuk memudahkan dan mendorong masyarakat agar mau datang ke fasilitas layanan kesehatan sedini mungkin, sehingga semakin cepat diperiksa maka semakin cepat diobati dan dapat segera memutus rantai penularan TBC di masyarakat. (Reva M)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...