Awas ! Satgas Pangan Tanah Bumbu Temukan Bahan Pangan Mengandung Borax dan Formalin - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 07 April 2022

    Awas ! Satgas Pangan Tanah Bumbu Temukan Bahan Pangan Mengandung Borax dan Formalin

    Foto Berita:
    Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMP2) bersama Tim Satgas Pangan Kabupaten Tanah Bumbu menemukan bahan kebutuhan masyarakat yang mengandung Borax dan Formalin yang bila dikonsumsi akan membahayakan organ tubuh.

    Boraks merupakan garam natrium yang banyak digunakan di berbagai industri non pangan, khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Boraks biasa berupa serbuk kristal putih, tidak berbau, mudah larut dalam air, tetapi borakstidak dapat larut dalam alkohol. Boraks biasa digunakan sebagai pengawet dan antiseptic kayu. Daya pengawet yang kuat dari boraks berasal dari kandungan asam borat didalamnya. Sedangkan formalin merupakan cairan tidak berwarna yang digunakan sebagai desinfektan, pembasmi serangga, dan pengawet yang digunakan dalam industri tekstil dan kayu. Formalin memiliki bau yang sangat menyengat, dan mudah larut dalam air maupun alkohol.

    Pada kegiatan pemantauan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok yang dilakukan di Pasar Harian (Pasar Swasta, Red) yang berlokasi di wilayah Kecamatan Simpang Empat, Satgas Pangan menemukan Garam Bleng yang mengandung Borax yang biasa digunakan untuk pembuatan kerupuk.

    Selain itu Satgas Pangan juga menemukan bahan pangan yang mengandung Formalin pada Cumi Kering dan Ikan Teri Medan Putih yang dijual dalam kemasan plastik dengan berat setengah hingga 1 Kg. (©Red)


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...