Waket DPRD Kalsel; Agar Pelaku UMKM Diberdayakan di Bulan Puasa - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 26 Maret 2022

    Waket DPRD Kalsel; Agar Pelaku UMKM Diberdayakan di Bulan Puasa

    Banjarmasin,
    Wakil Ketua DPRD Propinsi Kalsel, M. Syaripuddin, SE, M.AP mengimbau baik Pemprop maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalsel agar lebih mengintensifkan pemberdayaan para Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjelang dan mendekati bulan suci Ramadhan tahun 2022, selama menjalankan ibadah di bulan suci, dan menjelang lebaran Idul Fitri nanti.

    "Bulan Ramadhan itu penuh berkah, kita berharap berkahnya juga dirasakan oleh para pelaku UMKM di Banua. Sebab itu, pemerintah daerah baik propinsi maupun kabupaten/kota; harus lebih intensif lagi menjalankan program pemberdayaan UMKM saat menjelang, pelaksaan, hingga tibanya lebaran Idul Fitri nanti," kata M Syaripuddin, baru-baru tadi.

    Menurut Politisi PDIP itu, Ramadhan dan menjelang lebaran Idul Fitri adalah masa dimana perputaran ekonomi sangat masif. Sebagian besar warga tak berhitung dengan pengeluaran rumah tangga. Mereka membelanjakan uang untuk menyambut dan menikmati kenyamanan ibadah di bulan suci umat Islam ini.

    "Dengan fenomena itu para pelaku UMKM mestilah harus mendapatkan manfaat. Tetapi mereka tak bisa berbuat sendiri, mesti harus dibantu pemerintah daerah untuk memfasilitasinya," tutur Bang Dhin, sapaan akrabnya.

    Ia pun mencontohkan seperti kebiasaan tahunan pemerintah daerah selalu mengadakan bazaar, pasar murah, pasar ramadhan dan lainnya.

    "Libatkanlah para pelaku UMKM di event dan agenda-agenda tersebut. Fasilitasi dan rangkul, sehingga mereka terberdayakan," srannya.

    Ditambahkannya tak sekadar di pemerintahan, pemberdayaan para Pelaku UMKM juga dapat dilakukan oleh lembaga atau organisasi seperti PKK, Dekranasda, GOW, dan lain-lain. Begitu pula di BUMN, BUMD, dan perusahaan-perusahaan swasta.

    "Dengan begitu berkah Ramadhan dan Idul Fitri akan dinikmati pula oleh para Pelaku UMKM di Kalsel," pungkasnya. (Rel/©Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...