SofBank Mundur Biayai Proyek IKN, Sekitar Rp 71,5 Trilyun Untuk Bangun Ibukota Baru Indonesia - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 15 Maret 2022

    SofBank Mundur Biayai Proyek IKN, Sekitar Rp 71,5 Trilyun Untuk Bangun Ibukota Baru Indonesia

    Pendiri SoftBank Group Corporation, Masayoshi Son tidak akan lagi menjadi investor dalam proyek Indonesia senilai USD 34 milyar untuk membangun Ibu Kota Baru (IKN) di Kalimantan karena negara itu mengalihkan fokusnya ke investor Timur Tengah dan China. 

    “Tidak ada lagi cerita tentang Masayoshi, dia keluar,” menurut Menteri Koordinator Investasi dan Kelautan Luhut Binsar Panjaitan dalam wawancara, seperti dikutip dari Bloomberg. 

    Pada Januari 2020 lalu Luhut Panjaitan menunjuk Son sebagai anggota komite pengarah yang mengawasi pembangunan kota bersama dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed Bin Zayed Al Nahyan dan Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair. 


    Seorang juru bicara SoftBank Group yang berbasis di Tokyo mengkonfirmasi; penarikan dari proyek tersebut, meski demikian mereka terus berinvestasi di Indonesia melalui perusahaan portofolio Vision Fund-nya. 

    Dana APBN sebesar USD 5 milyar atau sekitar Rp 71,5 trilyun (kurs Rp 14.300) akan digunakan untuk membiayai sebagian besar pembangunan gedung-gedung pemerintah. Presiden RI, Joko Widodo ingin memindahkan pemerintahan sebelum akhir masa jabatan terakhirnya pada tahun 2024. 

    ada bulan Januari, parlemen mengesahkan undang-undang yang mengatur IKN, yang memberikan dasar hukum untuk melanjutkan proyek tersebut. (©Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...