Pariwara | Indocement Kembangkan Fermentasi Pakan Ternak Untuk UMKM Peternak Binaan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 18 Maret 2022

    Pariwara | Indocement Kembangkan Fermentasi Pakan Ternak Untuk UMKM Peternak Binaan

    Kotabaru Kalsel,
    Sebanyak 35 orang dari kelompok peternak sapi dan kambing dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru mendapatkan pelatihan fermentasi pakan ternak, Kamis (17/03/22) kemarin, yang berkerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru.

    PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP), Tbk Plant Tarjun sebagai satu perusahaan yang terus konsisten memberikan edukasi terhadap UMKM di desa mitra di wilayah kerjanya, menginisiasi pelatihan pembuatan pakan fermentasi untuk hewan ternak. Pelatihan tersebut mengacu dari pelatihan sebelumnya yang dilaksanakan oleh Indocement di Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir pada Oktober 2020 lalu dan mampu melahirkan “Local Hero” yang salah satunya adalah Sumarji dan pada tahun 2015 lalu menerima program Jukad serta sebagai Ketua Kelompok Tani Locally Goat.

    Dijelaskan Sumarji, selaku pemberi materi pada kegiatan pelatihan; dalam usaha peternakan selain kesehatan ternak dan kebersihan kandang, yang tidak kalah penting adalah ketersediaan pakan ternak yang sehat, nutrisi terjamin dan tidak tergantung pada musim karena para peternak merasakan kesulitan karena tanaman di musim kemarau. Oleh karenanya melihat situasi tersebut dan untuk berjaga-jaga agar peternak kambing dan sapi dapat terus beraktivitas.

    “Tujuan kita agar peserta dapat menyediakan stok pakan ternak. Hal itu juga tidak lepas dari peran PT ITP yang selalu konsisten memberikan edukasinya,” tuturnya.

    PPL Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, M. Taufik menuturkan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan sangat bagus untuk peternak, pihaknya juga akan bertanggungjawab dan membina utamanya dari sisi kesehatan hewan ternaknya.

    “Terimakasih kepada PT ITP karena membina masyarakat sehingga dapat meningkatkan SDM dan utamanya adalah dalam upaya peningkatan perekonomian, dan ini juga menjadi tanggungjawab kami,” imbuhnya.

    Kepala Desa Sidomulyo, Karyono sangat menyambut baik kegiatan yang terlaksana yang tujuannya sangat baik bagi pengembangan masyarakat dalam berinovasi. 

    “Intinya bukan hanya pengetahuan yang didapat namun juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian. Terimakasih kepada PT ITP,” ujarnya.

    Paino, sebagai peserta mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan dan pastinya didukung oleh PT ITP dan instansi pemerintahan sebagai wujud nyata yang dilakukan kepada para kelompok peternak. Memang diakuinya, sejak tahun 2010 menggeluti ternak dalam memenuhi kebutuhan pakan sedikit menemui kendala. 

    “Dengan adanya pelatihan pakan ternak fermentasi ini pastinya sangat baik sekali khususnya dalam memenuhi kebutuhan pakan ternak,” ucapnya.

    Manajemen Indocement diwakili oleh Tim CSR, Agus Rifani menjelaskan, pelatihan yang dilaksanakan merupakan satu dainatara upaya untuk membantu para peternak agar dapat terus meningkatkan usahanya sehingga perekonomian juga akan berimbas positif.
     
    “Ini merupakan program pilar pendidikan dan ekonomi sebagai bagian dari CSR perusahaan dan kami berharap kegiatan ini dapat membantu para peternak sehingga ke depan tidak ada lagi yang menemui kendala, dan melalui pelatihan tersebut output-nya diharapkan kepada peserta dapat segera mengimplementasikan di kegiatan harian berternaknya,” tambahnya. (DBG/Rel)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...