Eksklusif - Mantan Wabup Kotabaru, Rudy Suryana Bicara Pariwisata - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 23 Maret 2022

    Eksklusif - Mantan Wabup Kotabaru, Rudy Suryana Bicara Pariwisata

    Kotabaru Kalsel,
    Potensi pariwisata Kabupaten Kotabaru yang menjanjikan mendapat perhatian dari berbagai kalangan dunia wisata.

    Rudy Suryana, S.Sos, M.M.Pd, Wakil Bupati Kotabaru Periode 2010-2015 yang diwawancarai secara eksklusif oleh Jurnalisia Online menjelaskan secara luas perkembangan dan pengembangan pariwisata Kabupaten Kotabaru.

    Menurut Rudy Suryana, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir perkembangan pariwisata Kotabaru harus diapresiasi. Ini sesuai dengan visi misi Bupati Kotabaru hingga perkembangan cukup pesat.

    Keunggulan potensi wisata Kabupaten Kotabaru adalah selain memiliki garis pantai yang cukup panjang juga memiliki potensi wisata di daratan seperti Hutan Meranti dan Goa Lowo yang saat ini naik daun menjadi sebuah ikon baru wisata di Kabupaten Kotabaru. Selain itu juga ada wisata bahari seperti gugusan Pulau Samar Gelap.

    Lanjut Rudy Suryana, juga melihat kunjungan wisata religi yang setiap akhir pekan berdatangan ke Kotabaru bisa menjadi salah satu aset yang mampu meningkatkan perekonomian warga.

    Menurut Rudy Suryana, ada 3 pokok penting pengembangan wisata. Pertama adalah lokasi wisata; lokasi wisata harus mampu memberikan rasa nyaman untuk dinikmati bagi pengunjung. Kedua; infrastruktur khususnya akses jalan. Karena akses jalan menjadi pertimbangan utama wisatawan yang ingin berkunjung. Ini perlu dukungan instansi terkait lainnya untuk mem-backup secara maksimal karena ini merupakan visi misi Bupati. Dan yang terakhir adalah kegiatan-kegiatan yang menunjang pariwisata seperti atraksi-atraksi yang secara reguler untuk ditampilkan.

    Rudy Suryana sangat mengapresiasi peningkatan potensi wisata yang sudah dijalankan Disparpora Kotabaru yang secara tidak langsung meningkatkan perekonomian warga ini merupakan dampak positif bagi warga Kotabaru yang mampu menggairahkan roda perekonomian.

    Warga Kotabaru harus bisa memanfaatkan kunjungan wisatawan. Kerajinan tangan seperti kipas dan tetudung dan berbagai makanan khas seperti amplang, kerupuk ikan dan olahan lainnya harus dikembangankan kembali agar ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif warga bisa meningkat. 

    Menyikapi masuknya kembali Kabupaten Kotabaru dalam Kharisma Event Nusantara 2022, Rudy Suryana yang juga Akademisi ini mengatakan; sebuah kebanggan dan prestasi bagi Kabupaten Kotabaru karena untuk bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2022 harus bersaing dengan daerah lain. Dengan masuknya Kabupaten Kotabaru dalam KEN 2022 ini merupakan penilaian yang positif bagi Kotabaru bisa sejajar dengan daerah lain di Indonesia.

    Rudy Suryana juga berharap agar Sumber Daya Manusianya terus ditingkatkan terutama bagi Kelompok-kelompok Sadar Wisata untuk terus memotivasi diri agar bisa mengelola pariwisata dengan lebih baik. Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga bisa memberikan pembinaan. Karena SDM juga merupakan salah satu tolok ukur pengembangan pariwisata.

    Selain itu peran serta Insan Pers juga jangan dilupakan sebagai salah satu ujung tombak dalam promosi pariwisata.

    Terakhir, Rudy Suryana mengatakan secara khusus sebagai warga Kotabaru mengapresiasi kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru atas perkembangan pariwisata Kotabaru. Pengembangan pariwisata ini perlu maksimalisasi SKPD terkait dan dukungan SKPD lainnya agar pariwisata Kotabaru menjadi sektor unggulan. (DBG)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...