Pengrajin Kerupuk Keluhkan Harga Kanji dan Ikan Tengiri Naik - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 20 Februari 2022

    Pengrajin Kerupuk Keluhkan Harga Kanji dan Ikan Tengiri Naik

    Tanah Bumbu Kalsel,
    Karena kebutuhan yang digunakan hampir setiap saat, harga minyak goreng dan ketersediaannya di pasaran; menjadi permasalahan nasional. Padahal tak sedikit kebutuhan lainnya yang juga mengalami kenaikan harga.

    "Sudah lebih 1 bulan ini saya tak bikin kerupuk, harga bahan-bahannya naik," ungkap Sukanda, seorang warga Pengrajin Kerupuk Ikan di Pagatan Kusan Hilir Tanah Bumbu.

    Menurut Sukanda yang sudah menjadi Pengrajin Kerupuk belasan tahun ini; harga tepung Kanji yang sebelumnya 1 sak (10 kg) seharga Rp 86 ribu kini naik harga menjadi Rp 110 ribu. Sementara itu ikan Tengiri kini harganya mencapai Rp 60 ribu per kg yang sebelumnya di bawah Rp 50 ribu.

    "Harga ikan Tengiri yang Rp 50 ribu per kg saja saya mikir bikin kerupuk, apalagi sekarang harganya Rp 60 per kg tak bisa ditawar," ungkap Sukanda, yang tak mau bahan baku ikannya jenis ikan lain selain Tengiri.

    Ditambahkannya, kalau ia tetap berproduksi, maka bukan keuntungan yang ia dapatkan tapi malah rugi, karena harga jual kerupuk tetap tak mungkin dinaikkan begitu saja. (Red)


    HADIAH UNTUK PENGUNJUNG


     
    Baca Keterangannya Disini
    Nama Depan
    Nama Belakang
    Nomor Ponsel - WA *

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...