8 Propinsi Pasca Kemerdekaan; Propinsi Kalimantan Yang Terbesar - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 12 Februari 2022

    8 Propinsi Pasca Kemerdekaan; Propinsi Kalimantan Yang Terbesar

    Hasil Sidang Panitia Persiapan Kemerdekan Indonesia (PPKI) II pada 19 Agustus 1945 menghasilkan 2 keputusan yakni; membentuk 12 Kementerian dan 4 Menteri Negara, dan membentuk Pemerintahan Daerah, Indonesia dibagi menjadi 8 Propinsi yang dipimpin oleh seorang Gubernur.

    Tahukah Anda apa saja 8 propinsi awal itu ? Simak di bawah ini.

    1. Propinsi Sumatera, beribukota di Medan, dipimpin oleh Gubernur Tengku M. Hasan, seorang Anggota PPKI. Pada tahun 1948 Propinsi Sumatera dimekarkan menjadi 3 propinsi; Propinsi Sumatera Utara, Sumatera Tengah dan Sumatera Selatan.
    2. Propinsi Jawa Barat, ibukota Bandung, Gubernurnya Mas Sutardjo Broto Hadikoesoemo, Anggota PPKI. Pada 1959 dimekarkan menjadi 2 propinsi; Jawa Barat dan DKI Jakarta.
    3. Propinsi Jawa Tengah, ibukota Semarang, Gubernur Raden Pandji Soeroso, Anggota PPKI. 
    4. Propinsi Jawa Timur, ibukota Surabaya, Gubernur Raden Mas Tumenggung Soerjo, Inilah propinsi yang belum dimekarkan hingga saat ini.
    5. Propinsi Sunda Kecil, ibukota Singaraja, Gubernur I Gusti Ktut Pudja, Anggota PPKI. Pada 1954 berganti nama menjadi Propinsi Nusa Tenggara yang bertahan hingga tahun 1958; dimekarkan menjadi Propinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
    6. Propinsi Kalimantan, ibukota Banjarmasin, Gubernur Pangeran Muchammad Noor. Pada 1957 dimekarkan menjadi Propinsi Kalsel, Kalbar dan Kaltim. Propinsi Kalimantan merupakan propinsi terbesar di awal kemerdekaan.
    7. Propinsi Sulawesi, ibukota Makassar, Gubernur Sam Ratulangi. Pada 1960 dimekarkan menjadi 2 propinsi; Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.
    8. Propinsi Maluku, ibukota Ambon, Gubernur Johannes Latuharhary. Dimekarkan pada 1999 menjadi 2 propinsi; Propinsi Maluku dan Maluku Utara.

    Nah, itulah propinsi-propinsi awal pasca kemerdekaan RI yang mengalami pemekaran sehingga menjadi 34 propinsi sekarang ini. (Red)




      Penulis : Imi Surya Putra


    Buku Tamu Pengunjung
    Nama Depan
    Nama Belakang
    Bagaimana Anda Menemukan Website Ini?
    Google
    Bing
    Yahoo
    Facebook
    Instagram
    WhatsApp
    Teman
    Bagaimana Penilaian Anda Tentang Beritanya?
    Sangat Bagus
    Bagus
    Kurang Bagus
    Jelek

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...