Vaksinasi Booster Dimulai menyasar Target 21 Juta Penerima - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 17 Januari 2022

    Vaksinasi Booster Dimulai menyasar Target 21 Juta Penerima

    Vaksinasi dosis lanjutan (booster) telah resmi dimulai. Di Bulan Januari, vaksinasi booster ditargetkan menyasar 21 juta orang. 

    Di Kabupaten Tanah Bumbu sendiri sudah dimulai pada minggu lalu yang diawali dengan suntikan vaksin kepada Bupati Tanah Bumbu, dr. Zairullah Azhar.

    Siapa sajakah mereka yang menerima vaksin booster ?

    Menurut akun medsos resmi Kemenkes RI, vaksinasi booster diberikan secara gratis untuk masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas sasaran Lansia dan penderita imunokompromais, dan telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya. 

    Bagi kelompok prioritas vaksinasi booster yang telah divaksinasi 2 kali; bisa mengecek tiket dan jadual vaksinasi di aplikasi Pedulilindungi. Sasaran disarankan rutin mengecek aplikasi Pedulilindungi untuk memastikan apakah sudah menerima tiket da jadual vaksinasi booster atau belum. 

    Apabila tiket dan jadual tidak muncul, sasaran bisa datang langsung ke Fasyankes (Fasilitas Layanan Kesehatan) maupun sentra pelayanan vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan bukti vaksinasi dosis 1 dan 2. Beberapa sentra vaksinasi juga sudah membuka pendaftaran secara online. 

    Masyarakat tidak diperbolehkan memilih jenis vaksinasi booster. Jenis vaksin akan diberikan sesuai dengan riwayat penerimaan vaksin dosis ke 1 dan ke 2 serta mempertimbangkan ketersediaan vaksin di layanan vaksinasi. 

    Tiket yang diperoleh bisa digunakan Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, RS Pemerintah maupun RS milik Pemda.

    Vaksinasi booster bertujuan untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh terhadap ancaman penularan Covid-19. Diharapkan kelompok prioritas vaksinasi booster segera mengakses Fasyankes maupun sentra vaksinasi terdekat untuk mendapatkan dosis lanjutan untuk memberikan perlindungan yang optimal. (Red)




      Penulis : Imi Surya Putra

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...