Sejumlah Negara Ini Duluan Pindah Ibukota - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 20 Januari 2022

    Sejumlah Negara Ini Duluan Pindah Ibukota

    IKN, Nusantara
    DPR RI menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi UU. Persetujuan itu diambil dalam sidang paripurna yang dilaksanakan pada Selasa (18/01/22), dan IKN di wilayah Propinsi Kaltim itu dinamai Nusantara.

    Dihimpun dari berbagai sumber; terdapat sejumlah negara didunia yang sukses memindah Ibukota negaranya, apakah Indonesia akan termasuk deretan negara yang sukses memindahkan Ibukota negaranya ? Kita lihat saja nanti, tapi inilah sejumlah negara yang sukses dengan Ibukota negara baru.

    1. Jepang, ibukota Negeri Sakura ini mulanya di Kota Nara. Pada masa Pemerintahan Kaisar Kanmu pada 781 M hingga 806 M, ibukota Jepang kemudian dipindahkan ke Kota Kyoto. Pada tahun 1868 Jepang melakukan prombakan besar-besaran untuk kemajuan negaranya dengan memindahkan ibukota negara ke Kota Tokyo dengan pertimbangan Tokyo merupakan kota pelabuhan perdagangan.

    2. Amerika Serikat, negara adikuasa ini diketahui pernah memindahkan ibukota negaranya sebanyak 8 kali. Yang paling terakhir adalah pemindahan ibukota negara dari Kota New York ke Washintong, DC pada tahun 1800, dilakukan untuk memisahkan antara pusat pemerintahan dengan bisnis dan ekonomi.

    3. Malyasia, pemindahan ibukota dilakukan pada tahun 1996 dari Kuala Lumpur (KL) ke Putrajaya yang berjarak sekitar 32 kilometer dari KL, pertimbangan pemindahan ibukota dikarenakan tingkat kemacetan lalulintas di Kuala Lumpur, meski demikian orang tetap saja menyebut ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur.

    4. Rusia, pada awalnya ibukota Negara Beruang Merah ini berada di Moskow (Moskva), namun pasukan Tentara Tatar menyerang dan menghacurkan Kota Moskow; sehingga kemudian dipindahkan ke Saint Petersburg pada tahun 1703. Pada 1830 Kota Moskow kembali dibangun sehingga menjadi kota yang pesat dan maju lagi. Pada tahun 1918 Pemerintahan Rusia yang kala itu bernama Uni Sovyet memindahkan kembali ibukotanya ke Moskow, hingga Uni Sovyet bubar Moskow tetap menjadi ibukota Rusia sebagai negara pewaris lebih besar wilayah Uni Sovyet.

    5. Kazakhstan, pada tahun 1997 ibukota Almaty dipindahkan ke Kota Astana. Alasannya sama dengan Amerika Serikat; pemindahan ibukota Kazakhstan untuk memisahkan antara pusat pemerintahan dengan pusat bisnis. Namun pada 2019 Kota Astana berganti nama menjadi Noor Sultan; untuk menghormati Presiden terlama yang memerintah negara itu yakni Noor Sultan Najarbayev.

    6. Brazil, negara tempat legenda sepakbola, Pele ini. Pada awalnya ibukota Brazil berada di Kota Rio De Janeiro. Namun karena tingkat kemacetan lalulintas yang tinggi serta kepadatan penduduk; ibukota dipindahkan ke Kota Brazilia pada tahun 1960. (Red)




      Editor : Imi Surya Putra

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...