Peningkatan PAD Tanah Bumbu Melalui Metrologi Legal - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 20 Januari 2022

    Peningkatan PAD Tanah Bumbu Melalui Metrologi Legal

    Dalam rangka menggali peluang peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (KUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu melalui Bidang Perdagangan dan Kemetrologian terkhusus urusan *Metrologi *Legal telah melakukan validasi data kepemilikan UTTP.
     
    Kepala Dinas KUMP2, H. Deni Haryanto, SE, MM menjelaskan, hari ini Kamis (20/01/22),  Petugas Dinas KUMP2 yang menangani urusan Metrologi Legal sedang melakukan validasi data Pemilik Timbangan (UTTP), sasaran data yang dicari adalah Pedagang Pengumpul Karet dan Kepala Sawit yang ada di desa baik timbangan berupa dacin, timbangan emas maupun timbangan jembatan yang selama ini jarang tersentuh pelaksanaan tera.

    Selain alat timbangan, yang sangat berpotensi untuk meningkatkan PAD adalah Tera Ukur Mobil (TUM) pada mobil tangki minyak yang begitu banyak dimiliki oleh para Pengusaha di Tanah Bumbu, demikian juga dengan Tangki Ukur Tetap Silinder Tegak (TUTSIT) yang digunakan untuk tempat penampungan bahan cair yang sudah ada beberapa lama di Tanah Bumbu.

    "Kami akan ke Ditjen Metrologi minggu depan untuk menindaklanjuti pembangunan instalasi TUM tersebut dengan mengusulkan pendanaan yang bersumber dari APBN. Kami sangat optimis dalam hal ini karena potensi keberadaan Mobil Tangki yang cukup banyak di Tanah Bumbu menjadi penguat pertimbangan lolosnya usulan ini. Pada kesempatan itu pula kami akan mengambil Cap Tanda Tera untuk dipakai oleh Petugas Berhak Tera kita dalam melayani permintaan Tera/Tera Ilang dari semua pemilik UTTP di tahun 2022 ini," pungkas Deni. (Rel/Red)

    *Metrologi; disiplin ilmu tentang pengukuran.

    *Legal; sah berdasarkan aturan yang dibuat oleh lembaga berwenang.
     
     


      Editor : Imi Surya Putra

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...